Apa itu PHP? Mungkin pertanyaan ini yang agan pertanyakan pada saat pertama kali belajar PHP. PHP secara resmi merupakan kependekan dari PHP:HyperText Preprocessor. PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berjalan disisi server (server side programming), yaitu Apache, Internet Information Server (IIS), Nginx, Caudium, Xitami dan lain sebagainya.

Tahukah agan nama awal dari PHP? Ya betul, PHP/FI. PHP adalah Personal Home Page, sedangkan FI adalah Form Interface. PHP sendiri dibuat oleh Rasmus Lerdoff pada tahun 1994. Awalnya PHP merupakan program CGI yang dikhususkan menerima sebuah input melalui form yang akan ditampilkan dalam browser.

apa itu php

 Apa Itu PHP?

Didalam penulisannya atau pengcodeannya PHP dapat diembed atau disisipkan didalam HTML. Contohnya seperti dibawah ini.


<html>
	<head>
		<title>Contoh Embeded Script PHP didalam HTML</title>
	<head>
	<body>
		<?php echo "Ini latihan pertamaku menggunakan bahasa pemrograman PHP"; ?>
	</body>
</html> 

 

Jika agan lihat dari script diatas, script php berada atau diapit diantara tag “<body>” dan “</body>”. Script PHP yang dimulai dengan tanda “<?php” dan diakhiri dengan tanda “?>”. Mengenai penjelasan lebih lanjut nanti akan kita pelajari pada postingan selanjutnya gan.

Tahukah agan saat ini bahasa pemrograman PHP sangat populer? Jika belum mengetahui, kepopuleran bahasa pemrograman PHP selain bahasa pemrograman ini mudah dipelajari dikarenakan didukung oleh dokumentasi yang lengkap, komunitas atau forum php yang ramah, ebook atau buku yang mudah ditemukan, tutorial yang banyak tersedia di internet, open source dan lain sebagainya. Sehingga bagi mereka yang baru belajar bahasa pemrograman PHP menjadi mudah.

PHP juga menjadi bahasa pemrograman yang diidolakan bagi siswa SMK TI khususnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan mahasiswa jurusan Manajemen Informatika (MI). Ane bisa berkata seperti ini karena ane telah mensurvei mayoritas siswa SMK Jurusan RPL dan mahasiswa jurusan MI memilih bahasa pemrograman PHP untuk membuat aplikasi berbasis web sebagai tugas akhirnya. 😀

Sebelumnya itu berdasarkan survei menurut ane, nah sekarang bagaimana dengan survey menurut Mashable? Berikut daftarnya.

Posisi Bahasa Pemrograman
1 Java
2 JavaScript
3 C#
4 PHP
5 C++
6 Python
7 C
8 SQL
9 Ruby
10 Objective-C

Oh ya, survei ini tepatnya pada tanggal 18 Januari 2015. Ternyata PHP menduduki posisi 4 sebagai bahasa pemrograman yang populer di tahun 2015. Untuk survei lengkapnya bisa agan baca disini. Setidaknya dengan survei ini bahwa bahasa pemrograman PHP sangat recomended untuk agan pelajari. Sedikit maksa. 😀

Ya, Kurang lebih hanya itu gan yang ane ketahui tentang apa itu php yang dapat ane sampaikan. Semoga agan paham dengan penjelasan yang ane sampaikan. Baca juga operator logika di MySQL. Terimakasih. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah