Iklan yang tampil di dalam website atau blog yang sedang kita kunjungi terkadang membuat pandangan mata kita menjadi terganggu. Hal itu disebabkan karena si pemilik website atau blog menempatkan iklan pada posisi yang salah.

Terkadang saya juga merasa jengkel ketika berkunjung ke sebuah website, yang mana di dalam website tersebut terdapat iklan pop up atau yang lebih parahnya lagi di dalam website tersebut di pasang script tertentu ketika kita mengklik area website membuka jendela atau tab baru pada browser.

Menurut saya boleh-boleh saja jika pemilik website atau blog memasang iklan di dalam websitenya asalkan tidak mengganggu.

Nah, untuk memblokir iklan yang mengganggu pada website atau blog kita dapat menggunakan Adblock Plus.

cara memblokir iklan yang mengganggu pada website atau blog

Apa itu Adblock Plus?

Adblock Plus adalah sebuah ekstensi browser dengan lisensi gratis, yang  mana ekstensi ini berfungsi untuk memblokir iklan yang terdapat pada sebuah website atau blog seperti iklan youtube, iklan facebook dan lainnya.

Selain itu Adblock Plus juga memiliki fitur yang berfungsi untuk memberi pengecualian kepada website tertentu untuk menampilkan iklan.

Saat ini Adblock Plus sudah mendukung beberapa browser yang populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, IE, Yandex Browser dan Maxthon.

Cara Memasang, Mengaktifkan dan Menonaktifkan Adblock Plus di Google Chrome

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang Adblock Plus di Google Chrome.

  1. Buka Google Chrome di Komputer atau PC Anda. Kemudian klik link di bawah ini.

    https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=en-US

  2. Pada kotak pencarian ketikan adblock plus.
  3. Silahkan klik tombol ADD TO CHROME yang berada tepat di samping kanan tulisan Adblock Plus.
  4. Pada dialog yang muncul, silahkan klik tombol Add extension. Kemudian tunggu sampai proses pemasangan ekstensi ini selesai.

Untuk mengaktifkan Adblock Plus, yaitu dengan cara mengklik icon Adblock Plus (ABP) yang berada di pojok kanan atas dan pilih Disabled on this site. Ketika ekstensi ini dalam keadaan aktif maka iklan yang terdapat di dalam website akan terblokir. Sebagai contoh coba Anda kunjungi website detik.com.

adblock plus dalam keadaan aktif

Jika Anda ingin menonaktifkannya, yaitu dengan cara mengklik icon Adblock Plus (ABP) dan pilih Enabled on this site. Ketika ekstensi ini dalam keadaan tidak aktif maka iklan yang terdapat di dalam website akan tampil. Coba Anda buka kembali website detik.com.

adblock plus dalam keadaan tidak aktif

Bagaimana terlihatkan perbedaannya ketika Adblock Plus dalam keadaan aktif dan tidak aktif?

Cara Memasang  dan Mengaktifkan Adblock Plus di Mozilla Firefox

Memasang Adblock Plus di Mozilla Firefox pun tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Mozilla Firefox di komputer atau PC Anda.
  2. Klik menu Mozilla Firefox yang berada di pojok kanan atas, yang mana letaknya tepat di bawah tombol Close. Kemudian pilih Addons.
  3. Pilih Extension dan pada kolom pencarian silahkan ketikan adblock plus.
  4. Klik tombol Install yang berada tepat di samping kanan tulisan Adblock Plus. Kemudian tunggu sampai proses download dan pemasangan selesai.

Untuk mengaktifkan Adblock Plus, silahkan klik icon Adblock Plus (ABP) yang berada di pojok kanan atas dan pilih Disable everywhere. Sedangkan untuk menonaktifkannya caranya sama seperti mengaktifkan. Untuk membedakannya, jika Adblock Plus dalam keadaan aktif ditandai dengan latar belakang (background) icon berwarna merah. Sedangkan jika nonaktif background icon berwarna abu-abu.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Bagaimana sekarang Anda sudah tahukan cara memblokir iklan yang mengganggu pada website atau blog?. Oh, ya kalau boleh saran, apabila Anda berkunjung ke sebuah website, yang mana di website tersebut terdapat iklan. Namun iklan tersebut tidak mengganggu. Silahkan masukan saja website tersebut ke dalam whitelist. Sebagai bentuk ucapan terimakasih kita atas artikel atau hasil karya yang dibuat oleh si pemilik website tersebut.