Bagaimana cara menjalankan script PHP di IIS 8? Begitulah pertanyaan saya sewaktu salah satu client saya meminta agar aplikasi yang saya buat menggunakan bahasa pemrograman PHP jalan pada web server ini. Maklum gan, biasanya aplikasi PHP yang saya buat jalan di Apache saja. 😀

Akhirnya saya googling sampai menemukan jawaban yang tepat atas pertanyaan itu. Percobaan demi percobaan terus saya lakukan, al hasil aplikasi saya berhasil jalan di IIS 8 pada salah satu server client saya.

Nah, dari studi kasus saya akhirnya saya buatkan tutorial ini. Agar pembaca disini yang belum mengetahui caranya menjadi tahu juga caranya.

Cara Install PHP di IIS 8 Secara Manual

Sebelum kita menjalankan script PHP di IIS 8, kita harus menginstall PHP di web server ini terlebih dahulu. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama pastikan Anda sudah menginstall IIS 8 di komputer atau PC Anda. Baca juga: cara menginstall IIS 8 di Windows 8.
  2. Silahkan download PHP versi terbaru disini. Pilih yang x86 Non Thread Save (NTS).
  3. Buat folder dengan nama ‘php’ di drive C. Kemudian ekstrak file PHP yang kita download sebelumnya di folder ini.

Cara Menjalankan Script PHP di IIS 8

Asumsi saya Anda sudah mengikuti langkah-langkah sebelumnya. Berikut ini adalah cara menjalankan script PHP di IIS 8.

  1. Buat folder dengan nama ‘latihan’ di drive D.
  2. Buka editor seperti notepad atau notepad++ di komputer atau PC Anda. Kemudian ketikan script PHP di bawah ini.
    <?php
      date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');
      phpinfo();
    ?>
  3. Kemudian Simpan script PHP di atas dengan nama file ‘index.php’ di folder latihan.
  4. Buka Internet Information Services (IIS) Manager, dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + F. Pilih Apps, cari dan pilih Internet Information Services (IIS) Manager.
  5. Pilih Sites dan pada Actions klik Add Website. Nanti akan muncul Add Website dialog box. Pada kolom Site name isikan dengan nama ‘latihan’, kolom Physical path isikan ‘D:\latihan’ dan kolom Port isikan ‘8080’.

    Add Website Dialog Box

  6. Pada Sites pilih latihan dan double klik Handler Mappings. Pada Actions klik Add Module Mapping. Nanti akan muncul Add Module Mapping dialog box. Pada kolom Request path isikan ‘*.php’, kolom Module pilih ‘FastCgiModule’, kolom Executable isikan ‘C:\php\php-cgi.exe’, kolom Name isikan ‘FastCgiModule’. Jika sudah diisi semua klik tombol OK.

    Add Module Mapping Dialog Box

  7. Pada dialog konfirmasi klik tombol Yes.
  8. Kembali ke Sites pilih latihan dan double klik Default Document. Pada Actions klik Add. Nanti akan muncul Add Default Document dialog box. Pada kolom name isikan ‘index.php’. Kemudian klik tombol OK.

    Add Default Document Dialog Box

  9. Kembali lagi ke Sites pilih latihan dan pada Manage Website klik Browse *:8080 (http). Jika berhasil maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Cara Menjalankan Script PHP di IIS 8

Saya rasa cukup tutorial cara menjalankan script PHP di IIS 8 ini. Apabila Anda mengalami kesulitan silahkan diskusikan melalui form komentar di bawah ini. Terimakasih. :)