William Hanry Gates III atau yang lebih akrab dipanggil dengan nama Bill Gates merupakan pendiri Microsoft dan namanya selalu berada di urutan pertama dalam daftar orang-orang terkaya di dunia. Pria yang dilahirkan di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955 ini merupakan anak ke dua dari empat bersaudara. Ayahnya bernama Willian H Gates, Sr. seorang pengacara. Sedangkan ibu Bill Gates bernama Marry Maxwell Gates yang merupakan seorang anggota dewan direktur First Interstate Banc System. Bill Gates merupakan anak dari keluarga yang termasuk masyarakat menengah ke atas. Selain itu, karena kepopulerannya sebagai salah satu orang yang paling kaya di dunia dan merupakan pendiri perusahaan besar, biografi Bill Gates sering terpampang di berbagai media, baik itu media cetak maupun media elektronik.

Profil dan Biografi Bill Gates

Profil dan Biografi Bill Gates

Sejak kecil Bill Gates sudah menunjukkan kecerdasannya. Bill Gates disekolahkan di Lakeside School yang merupakan sekolah khusus pria dan sekolah tersebut merupakan sekolah modern dan sangat terkenal. Pada tahun 1968, untuk pertama kalinya Bill Gates diperkenalkan dengan dunia. Dalam waktu yang singkat, ia dapat menguasai bahasa pemrograman komputer. Bahkan, dia keluar dari kelas matematikanya karena ingin memiliki waktu yang lebih banyak untuk menulis program di komputer tersebut. komputer yang digunakan pada saat itu, yaitu komputer General Electric dengan terminal Teletype Model 33 ASR. Pada saat itu, segala hal yang berkaitan dengan mempelajari komputer merupakan suatu hal yang sangat mahal dan langka, sehingga hanya segelintir orang yang bisa memperoleh pengetahuan mengenai hal tersebut. Dalam berbagai biografi Bill Gates yang menceritakan tentang perjalanan hidup pendiri Microsoft tersebut, ia lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dengan nilai yang hampir mendekati sempurna.

Setelah lulus dari Lakeside School, pada tahun 1975 Bill Gates melanjutkan pendidikannya di Harvard University. Di sana Bill Gates bertemu dengan temannya semasa sekolah, yaitu Paul Allen. Akan tetapi karena kesibukannya dalam menulis bahasa pemrograman, kuliahnya di Harvard University tidak dilanjutkannya dan memfokuskan dirinya ke Microsoft. Biografi Bill Gates yang banyak terpampang di berbagai media ini juga menyatakan bahwa Bill Gates juga termasuk salah seorang pengusaha revolusi komputer pribadi yang sangat terkenal di dunia.

Biografi Bill Gates dan Berdirinya Microsoft

Biografi Bill Gates Pendiri Microsoft

Selama kuliah di Harvard University Bill Gates selalu menghabiskan waktunya bersama Paul. Kemudian pada tahun 1974, MITS Altair 800 yang berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan. Dari sanalah idenya untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak berkembang bersama dengan seorang temannya yaitu Paul Allen. Setelah itu, Bill Gates menghubungi MITS serta menawarkan sistem operasi komputer yang berbasis BASIC yang dipakai sebagai platformnya. Kemudian MITS menyetujui penawaran Bill Gates tersebut. Berkat kerja kerasnya dan Biografi Bill Gates menginspirasi banyak orang, akhirnya perusahaan Microsoft Corporation berhasil didirikan. Bersama temannya, Paul Allen, perusahaan software tersebut awalnya bernama “Micro-soft” lalu tanda sambung itu dihilangkan dan hingga sekarang nama perusahaan yang membawa nama Bill Gates berada di urutan nomor satu orang paling kaya di dunia menjadi “Microsoft”. Pada perusahaan tersebut, Bill Gates menjadi pemegang saham pribadi terbesar dan berkat perusahaan tersebut mengantarkan nama Bill Gates menjadi salah seorang jutawan.

Melalui biografi Bill Gates yang banyak terdapat di media massa maupun internet, keahlian Bill Gates dalam menulis bahasa pemrograman bersama dengan Mivrosoft membuat namanya semakin dikenal masyarakat luas. Pada tahun 1980, Bill Gates bekerja sama dengan IBM untuk membuatkan sistem operasi yang diberi nama sistem operasi 86 DOS dan QDOS. Sistem operasi tersebut dikirim dalam bentuk PC-DOS. Dari kerja samanya dengan IBM tersebut, Bill Gates mendapatkan royalty sebesar 50 ribu dollar.

Pada tanggal 1 Januari 1994, Bill Gates menikah dengan Melinda French. Dalam pesta pernikahannya tersebut menghabiskan biaya hingga triliunan rupiah. Dari pernikahannya tersebut, Bill Gates memiliki tiga orang anak, diantaranya yaitu Katharine Gates yang lahir pada tahun 1996, Rory John Gates yang lahir pada tahun 1990, dan anak ketiganya Phoebe Adele Gates yang lahir pada tahun 2002. Dalam biografi Bill Gates tersebut, ia beserta istri dan anaknya tinggal di sebuah rumah mewah yang terletak di Medina dengan luas sekitar 6100 meter persegi. Rumah yang menjadi tempat tinggal Bill Gates bersama keluarganya tersebut dilengkapi dengan kolam renang seluas 18 meter, area gymnasium seluas 230 meter, dan juga ruang makan dengan luas sekitar 93 meter. Rumah mewah tersebut dibangun di atas tanah seluas 5 hektar dan menghabiskan dana sekitar 53 juta dolar. Dalam hunian mewah Bill Gates beserta keluarganya tersebut terdapat 7 kamar tidur, 6 dapur, 6 fireplace, 24 kamar mandi, ruang perpustakaan, bioskop, ruang bermain keluarga, serta fasilitas kesehatan.

Dalam biografi Bill Gates tidak hanya dikenal pintar menghasilkan program yang sederhana namun memiliki kualitas yang sangat bagus, tetapi juga pandai dalam pemasarannya. Hal tersebutlah yang mengantarkan Bill Gates kepada posisinya sebagai orang terkaya di dunia. Namun, dibalik kejayaannya, pada tahun 1990 Bill Gates pernah menerima tuntutan hukum atas dakwaan telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil dari Departemen Keadilan Amerika Serikat. Bukan hanya itu saja, pada tahun 1999 Bill Gates juga kembali tersandung kasus hukum.

Lalu pada tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri sebagai Ketua Pegawai Eksekutif. Menurut biografi Bill Gates, ia lebih memilih kembali menjadi Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkan Lunak pada perusahaan yang ia rintis, yaitu Microsoft Corp. Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates juga mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menejemen Microsoft. Pasca pengunduran dirinya tersebut, Bill Gates lebih memilih untuk memfokuskan dirinya pada yayasan sosial yang ia dirikannya, yakni Bill dan Melinda Gates Foudation. Yayasan yang didirikannya bersama istrinya tersebut merupakan Yayasan Sosial yang didirikan bagi penderita AIDS, kepedulian pada dunia ketiga, dan beasiswa bagi universitas-universitas.

Menurut biografi Bill Gates yang banyak beredar, sejak tahun 1973 hingga 2007 ia selalu dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Total kekayaannya pernah mencapai hingga 101 miliar dollar, namun setelah pada tahun 2000 harga sahamnya menurun. Hal ini disebabkan karena pada saat itu terjadi kasus dot com. Kemudian pada tahun 2010, Bill Gates sempat dikalahkan oleh Carlos Slim. Namun pada tahun berikutnya dan hingga saat ini, Bill Gates kembali berada di urutan nomor satu sebagai orang terkaya di dunia.

Predikat sebagai orang yang paling kaya di dunia tersebut menyebabkan biografi Bill Gates menginspirasi banyak orang. Namun dengan predikat tersebut, Bill Gates merasa kurang nyaman. Menurutnya, yang paling terpenting baginya adalah selalu berinovasi dan selalu berprestasi di bidangnya.