Biografi Mark Zuckerberg – Mengenal Sang Pencetus Facebook

Posted on

Penemuan dalam berbagai bidang sangat memberikan keuntungan dan kemudahan bagi setiap orang. Kemajuan dalam peradaban, ditandai dengan adanya kemajuan di bidang teknologi. Pada era modernisasi ini, terdapat berbagai produk berbasis teknologi canggih. Selain produknya, terdapat media sosial yang dapat membantu manusia dalam menjalin komunikasi dan bertukar informasi secara cepat dan praktis, tanpa terhalang jarak dan waktu. Mark Zuckerberg adalah tokoh pencetus lahirnya facebook. Biografi Mark Zuckerberg dapat sebagai jalan untuk mengetahui informasi terkait salah satu tokoh fenomenal tersebut.

Biografi Mark Zuckerberg memaparkan terkait kehidupan, perjalanan karir, dan kesuksesan sang pendiri facebook tersebut. Sebagai tokoh dalam bidang teknologi, kemampuan Mark tidak diragukan lagi. Kemampuannya mampu menghadirkan kemudahan bagi setiap kalangan di masyarakat yang ada pada seluruh belahan dunia. Jalinan komunikasi akan selalu terhubung satu sama lain.

Mark Zuckerberg  memiliki nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Beliau lahir di White Plains, New York, Amerika Serikat pada tanggal 14 Mei 1984. Beliau berkewarganegaraan Amerika Serikat. Mark menikah dengan Priscilla Chan pada tanggal 19 Mei 2002 lalu. Mark merupakan seorang yang berprofesi sebagai pemrogram komputer serta pengusaha internet. Biografi Mark Zuckerberg juga memaparkan mengenai latar belakang pendidikan. Mark mengenyam pendidikan di Phillips Exeter Academy, kemudian melanjutkan studinya di Universitas Harvard.

Kemampuan Memukau Dalam Bidang Elektronik

biografi mark zuckerberg

Kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang mempunyai perbedaan satu sama lain. Pengembangan dan pengasahan kemampuan mampu memudahkan setiap individu untuk mengaplikasikan potensi yang ada dalam dirinya. Setiap orang dapat menempuh pendidikan dan pelatihan sebagai sarana dalam memperoleh kemampuan yang optimal, sehingga potensinya dapat berguna bagi kehidupannya. Biografi Mark Zuckerberg dapat mengenalkan kemampuan yang ada dalam diri tokoh cerdas ini.

Mark mempunyai kelebihan dalam bidang elektronik. Hobinya dalam hal sistem komputerisasi, pemrograman, dan perangkat lunak (software), berdampak baik bagi kehidupannya. Biografi Mark Zuckerberg memuat mengenai perkembangan kemampuan Mark di bidang elektronik. Mark mengasah kemampuannya tersebut di sebuah universitas terkenal, yaitu Universitas Harvard. Beliau memilih jurusan ilmu komputer dan sosiologi. Kedua jurusan tersebut serta kegemarannya dalam bidang elektronik, mampu mengarahkannya mencetuskan media sosial yang menghubungkan setiap elemen masyarakat di seluruh dunia.

Sepak Terjang Hingga Meraih Kesuksesan

mark zuckerberg sang pencetus facebook

Perjalanan hidup setiap orang tidak selalu berjalan mulus. Kehidupan seorang tokoh besar saja, terdapat lika-liku di balik kesuksesannya, seperti yang akan dipaparkan dalam biografi Mark Zuckerberg ini. Hal tersebut pernah dirasakan oleh Mark Zuckerberg. Hobinya dalam hal pemrograman komputer, merupakan suatu hal yang positif. Merasa memiliki kemampuan yang memadai dalam bidang tersebut, saat berada di bangku kuliah, Mark ingin mencoba mengaplikasikan kemampuannya dalam bentuk suatu program yang bermanfaat. Ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah mendukung aplikasinya.

Alhasil, beliau mendapatkan ide membuat program berupa buku direktori mahasiswa online. Ide tersebut muncul akibat Universitas Harvard tidak menyediakan buku berisi foto dan identitas mahasiswanya, untuk pertemanan di lingkup mahasiswa kampus. Beliau mengajukan diri untuk membuat direktori, namun Harvard menolaknya, dengan alasan pihak kampus mempunyai sebab tersendiri dengan tidak mengumpulkan informasi terkait mahasiswanya.

Meskipun ditolak, kegigihan membawanya menciptakan CourseMatch, di mana memungkinkan bagi teman sekelasnya untuk saling berkomunikasi melalui website tersebut. Suatu malam pada tahun kedua kuliah, Mark menyabotase data mahasiswa Harvard serta memasukkannya pada website yang bernama Facemash. Sejumlah foto mahasiswa Harvard terpampang di website tersebut. Dalam tempo empat jam, tercatat ada 450 orang yang mengunjungi Facemash. Pihak Harvard mengetahui hal itu dan memutuskan koneksi internet. Mark Zuckerberg diperkarakan terkait hal itu dengan tuduhan mencuri data. Akhirnya beliau terkena drop out dari universitas.

Baca juga: Biografi Steve Wozniak – Sang Pelopor Apple Computer

Langkah Mark tak berhenti sampai di sini. Bersama kawan-kawannya, beliau mencoba membuat sebuah website baru bernama Facebook, yang diluncurkan Februari 2004. Facebook adalah penyempurnaan Facemash. Facebook merupakan suatu media sosial yang berfungsi untuk memudahkan manusia untuk berkomunikasi secara lebih efisien, tanpa terhalang jarak dan waktu. Facebook menyediakan navigasi yang memudahkan penggunanya berkomunikasi dan bertukar informasi. Pada awalnya, Facebook digunakan untuk mahasiswa Harvard. Akan tetapi, karena menarik, maka banyak mahasiswa dari universitas lain yang meminta bergabung di dalamnya. Oleh karena itu, program Facebook dikembangkan. Semua orang dari semua kalangan dapat menggunakan Facebook tersebut, dengan membuat akun Facebook.

Facebook semakin digandrungi berbagai kalangan dan dikenal secara luas. Mark dan kawan-kawan mempunyai saham yang tinggi. Mark memiliki jabatan sebagai CEO di perusahaan Facebook. Total kekayaan Mark hingga tahun 2015 mencapai 35,7 miliar USD. Tokoh pendiri Facebook ini sangat bisa menjadi teladan. Membaca biografi Mark Zuckerberg dapat menambah wawasan dan memotivasi untuk bergerak maju memanfaatkan peluang dan kemampuan yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *