Cara Install XAMPP | XAMPP, bagi agan yang berprofesi sebagai programmer PHP tentu sangat familiar dengan aplikasi web server yang satu ini. XAMPP juga sebagai salah satu aplikasi web server yang populer atau dengan kata lain banyak dipakai oleh mereka (programmer) untuk develop sebuah aplikasi berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL sebagai databasenya.

Kepopuleran XAMPP ini dikarenakan XAMPP sangat mudah diinstall, digunakan, dikonfigurasi, komplit dan gratis. Oleh karena itu XAMPP sangat cocok untuk mereka yang ingin bekerja dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya baik untuk tingkat pemula ataupun tingkat mahir.

cara install xampp

XAMPP terbagi menjadi dua paket yaitu paket installer dan paket portable. Cara install paket portable, agan cukup mengekstrak hasil download paketnya di PC agan, kemudian agan doubleklik. Jika tidak ada masalah maka XAMPP akan running. Namun, untuk XAMPP paket installer agan harus melakukannya step by step. Memang proses instalasi XAMPP paket installer tidak secepat paket portable, akan tetapi tetap mudah dalam instalasinya.

Mungkin agan ingin tahu apa sajakah yang diinclude didalam XAMPP.

  1. Apache
  2. MySQL
  3. Filezilla FTP Server
  4. Mercury Mail Server
  5. Tomcat
  6. PHP
  7. Perl
  8. phpMyAdmin
  9. Webalizer
  10. Fake Sendmail

Wah, ternyata banyak juga ya aplikasi yang diinclude didalam XAMPP. Itulah keunggulan dari XAMPP gan, jadi agan tidak perlu menginstall aplikasi satu per satu. Jika agan sudah mengetahui aplikasi yang diiclude didalam XAMPP. Sekarang kita praktek cara install XAMPPnya Berikut langkah-langkah install XAMPP.

Cara Install XAMPP di Windows

Versi XAMPP yang ane gunakan pada praktek ini menggunakan versi 1.8.3.3.

  1. Download installer XAMPP disini.
  2. Setelah installer berhasil didownload kemudian klik kanan pada installer tersebut pilih Run As Administrator. Kemudian muncul window seperti gambar dibawah ini.install xampp step 1-1Klik button atau tombol Next >install xampp step 1-2Gambar diatas adalah tampilan window pilihan komponen yang akan diinstall seperti Apache, MySQL, FileZila FTP Server, Mercury Mail Server dan lainnya. Agan tinggal pilih komponen mana yang mau agan install. Kalau tidak ada yang dirubah klik button Next >.install xampp step 1-3Gambar diatas adalah tampilan window dimana agan akan menempatkan hasil ekstrakan dari installer XAMPP. Secara default hasil ekstrakan installer XAMPP ditempatkan di C:\xampp. Jika tidak ada yang dirubah klik button Next > sampai tampilan seperti gambar dibawah ini.install xampp step 1-4

    Dari gambar diatas terdapat pilihan. Apakah agan ingin mengaktifkan control panel sekarang? Jika ya, biarkan pilihan tersebut dichek. Jika tidak, agan tinggal uncheck. Kemudian klik button Finish.

Proses instalasi XAMPP sudah selesai gan. Untuk mengecek apakah instalasi XAMPP berhasil atau tidak. Silahkan buka browser di PC Agan, kemudian pada addressbar browser agan ketikan http://localhost. Jika tampilannya seperti gambar dibawah ini, maka proses instalasi berhasil. Selamat ya gan. 😀

install xampp step 1-5

Nah, itulah langkah demi langkah cara install XAMPP di windows. Lalu, bagaimana cara install XAMPP di linux ubuntu. Jangan khawatir gan, ane akan berbagi tutorialnya juga kepada agan. Silahkan disimak cara instalasinya gan.

Cara Install XAMPP di Linux Ubuntu

Linux ubuntu yang ane pakai versi 14.04 dan Versi XAMPP nya adalah versi 1.8.3.5.

  1. Download installer XAMPP disini.
  2. Setelah installer berhasil didownload, asumsi ane installer berlokasi pada folder atau direktori Downloads. Kemudian ketikan “$ sudo ./Downloads/XAMPP-linux-x64-1.8.3-5-installer.run”. Maka munculah tampilan seperti gambar dibawah ini.install xampp step 2-1Nah, agan tinggal klik button Next > sampai Finish. Untuk mengecek apakah instalasi berhasil atau tidaknya hampir sama dengan yang sebelumnya, yaitu dengan mengetikan http://localhost pada address browser PC agan. Jika tampilannya seperti gambar dibawah ini maka proses instalasi berhasil dilakukan.install xampp step 2-2

Bagaimana sekarang agan sudah tahukan cara install XAMPP baik itu di sistem operasi windows maupun linux ubuntu versi 14.04? Nah, tinggal agan praktekan saja langkah-langkah install XAMPP diatas di PC agan. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah