Cara Kompres Foto | Saat ini ada banyak sekali tools yang tersedia secara online yang dapat Anda gunakan untuk mengkompres ukuran file foto atau gambar. Tools online ini dapat Anda manfaatkan khususnya untuk Anda yang sering mengupload foto produk, foto pribadi atau foto lainnya ke blog ataupun website.

Dengan Anda mengkompres foto maka ukuran file nya akan menjadi lebih kecil. Semakin kecil ukuran file nya, semakin banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan diantaranya, yaitu:

  • Kuota internet dan space hosting menjadi lebih hemat.
  • Proses upload menjadi lebih cepat.
  • Loading website atau blog Anda menjadi lebih cepat. Seperti pada artikel yang saya tulis sebelumnya bahwa mengkompres foto dapat meningkatkan kecepatan loading website.

Cara Kompres Foto atau Gambar

Salah satu tools online yang dapat Anda gunakan untuk mengkompres ukuran file foto, yaitu JPEG-Optimizer.com. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama silahkan kunjungi website jpeg-optimizer.com.

    cara kompres foto

  2. Pada kolom Photo to Optimize, silahkan klik tombol Browse. Kemudian pilih foto yang akan dikompres pada komputer Anda. Pastikan foto yang diupload dengan tipe file JPG / JPEG.
  3. Pada kolom Compress Image, silahkan isikan nilai persentasenya. Misalnya Anda ingin memperkecil ukuran file foto dari 500 kb menjadi 250 kb, berarti Anda isikan nilai 50. Namun terkadang ukuran file yang dikompres hasilnya bisa lebih kecil dari 250 kb.
  4. Apabila Anda ingin memperkecil ukuran lebar foto, silahkan isikan nilainya pada kolom Resize Photo. Secara default nilainya 400 dengan satuan pixels (px). Namun jika Anda tidak ingin memperkecil lebarnya, silahkan hilangkan tanda ceklis yang berada disamping kiri tulisan Resize Photo.
  5. Klik tombol Optimize Photo. Tunggu sampai proses selesai.
  6. Setelah proses selesai, klik kanan pada foto dan pilih Save Image As. Silahkan tentukan lokasi penyimpanan file foto tersebut. Kemudian klik tombol Save.

Bagaimana mudah bukan mengkompres foto atau gambar dengan tools online ini?. Oh, ya bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai paket internet simpati murah dapat membaca artikel sebelumnya. Terimakasih.