Cara Membuat Function di MySQL | Function atau fungsi tersimpan merupakan salah satu fitur yang terdapat di MySQL 5 yang berisi kumpulan-kumpulan perintah SQL. Dimana dengan adanya fitur ini kita dapat membuat function sendiri yang sesuai dengan kebutuhan kita (function secara custom).

Mengapa Harus Membuat Function di MySQL?

Mungkin dari agan ada yang bertanya seperti ini, berikut alasannya gan :

  1. Penggunaan Menjadi Lebih Mudah
    Dengan kita membuat function berarti kita telah meringkas beberapa perintah SQL menjadi satu perintah saja, sehingga dalam penggunaanya menjadi mudah. Mudah disini berarti user atau pengguna tidak perlu mengetahui isi dari fungsi tersebut. Contohnya seperti kita menggunakan fungsi string yang telah disediakan oleh MySQL, kita cukup mengetahui cara penggunaannya saja tanpa harus mengetahui perintah SQL yang berada didalam fungsi string tersebut.
  2. Keamanan Lebih Terjaga
    Dengan membuat function kita dapat memberi hak akses kepada masing-masing user. Kita cukup memberikan hak akses untuk menjalankan function saja kepada user, tanpa harus memberikan hak akses untuk memanipulasi table aslinya secara langsung. Selain itu, user juga tidak akan mengetahui perintah yang berada didalam function tersebut, karena kita telah menyembunyikannya.

Cara Membuat Function di MySQL

Untuk membuat function di MySQL menggunakan perintah CREATE FUNCTION. Berikut versi lengkapnya.

cara membuat function di mysql

Dalam kasus ini kita akan membuat function untuk menghitung luas persegi. Untuk lebih jelasnya silahkan agan simak caranya dibawah ini.

contoh function di mysql

Keterangan :

Perintah SQL diatas untuk membuat function bernama luaspersegi yang memiliki satu variabel parameter dengan tipe data INT bernama sisi. Kemudian, hasil perkalian (sisi * sisi) tersebut akan menghasilkan nilai dengan tipe data INT.

Simak juga : Operator Logika di MySQL

Nah, jika kita sudah membuat function diatas, kita dapat menggunakannya dengan perintah SQL dibawah ini.

contoh penggunaan function di mysql

Semoga sekarang agan sudah mengetahui cara membuat function di MySQL. Bagi agan yang membutuhkan informasi mengenai konversi bilangan dapat membaca pada artikel sebelumnya. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah