Apa kabar pembaca setia haniif.com? Semoga kabar Anda baik semua. :) . Mohon maaf sebelumnya jika dalam beberapa bulan belakangan ini saya jarang posting dikarenakan lagi sibuk mengerjakan beberapa project. Ok, pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial php dasar mengenai cara membuat koneksi ke database MySQL dengan PHP.

MySQL merupakan salah satu database yang sering digunakan oleh para programmer PHP di Indonesia maupun di luar negeri dalam setiap project yang mereka kerjakan. Walaupun database yang satu ini dengan lisensi gratis (free license), namun Anda tidak perlu meragukan kehandalannya didalam mengelola data.

Sebelum Anda praktek membuat koneksi ke database MySQL dengan PHP pastikan Anda sudah menginstall web server (Apache, IIS, Nginx etc), PHP dan MySQL di PC Anda. Jika Anda belum menginstallnya dan Anda baru belajar bahasa pemrograman PHP lebih baik Anda menginstall software XAMPP untuk OS Windows atau LAMPP untuk OS Linux, karena software yang saya sebutkan tadi sudah include Apache, PHP dan MySQL, jadi Anda tidak perlu menginstallnya satu per satu. Baca juga: Cara Menginstall XAMPP di OS Windows dan Linux.

Cara Membuat Koneksi Ke Database MySQL Dengan PHP

Cara Mudah Membuat Koneksi Ke Database MySQL Dengan PHP

Saya asumsikan Anda sudah menginstall software XAMPP atau LAMPP serta Apache dan MySQL statusnya dalam keadaan running pada PC Anda. Silahkan simak langkah-langkah membuat koneksi ke database mysql dengan PHP dibawah ini:

  1. Buat sebuah database MySQL dengan nama ‘db_latihan’. Jika anda belum mengetahui cara membuat database MySQL Anda dapat membaca tutorial sebelumnya, yaitu cara membuat database MySQL.
  2. Buka editor seperti notepad, notepad++, sublime atau editor lainnya pada PC Anda. Kemudian ketikan atau copy paste script PHP di bawah ini.
    <?php
      $host = 'localhost';
      $user = 'root';
      $password = '';
      $db = 'db_latihan';
    	
      mysql_connect($host, $user, $password) or die ('Gagal Koneksi Ke MySQL Server');
    	
      mysql_select_db($db) or die ('Gagal Koneksi Ke Database db_latihan');
    ?>

    Keterangan :

    – Variabel $host dapat Anda isi dengan ‘localhost’ atau ‘ip address’.
    – Variabel $user diisi sesuai dengan nama user database yang akan Anda gunakan.
    – Variabel $password diisi sesuai dengan password user database yang akan Anda gunakan.
    – Variabel $db silahkan diisi sesuai dengan nama database yang akan Anda gunakan.

    – mysql_connect($host, $user, $password) or die (‘Gagal Koneksi Ke MySQL Server’); => Script ini digunakan untuk mengkoneksikan PHP ke Server database MySQL. Jika koneksi gagal maka akan menampilkan ‘Gagal Koneksi Ke MySQL Server’.

    – mysql_select_db($db) or die (‘Gagal Koneksi Ke Database’); => Script ini digunakan untuk mengkoneksikan PHP ke database yang telah kita buat sebelumnya sebagai contoh ‘db_latihan’. Jika koneksi ke database tersebut gagal, maka akan menampilkan ‘Gagal koneksi ke database db_latihan.

  3. Setelah itu buat sebuah folder dengan nama ‘latihan’ di C:\xampp\htdocs. Lalu simpan file tersebut dengan nama ‘koneksi.php’ pada folder ‘latihan’ yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Buka browser (Chrome, IE, Mozilla Firefox etc) pada PC Anda. Kemudian ketikan http://localhost/latihan/koneksi.php. Jika tidak terdapat pesan error, selamat Anda berhasil mengkoneksikan database MySQL dengan PHP.

Itulah tutorial php dasar mengenai cara membuat koneksi ke database MySQL dengan PHP yang dapat saya sampaikan. Apabila Anda memiliki pertanyaan Anda dapat menanyakannya melalui form komentar dibawah ini. Happy coding. :)