Cara Membuat Stored Procedure di MySQL | Stored Procedure merupakan salah satu fitur MySQL 5. Stored procedure juga digunakan untuk meringkas perintah SQL dan tidak harus mengembalikan nilai seperti function.

Perintah SQL yang digunakan untuk membuat stored procedure, yaitu CREATE PROCEDURE. Untuk lebih jelasnya silahkan agan simak dibawah ini.

cara membuat stored procedure di mysql

Perlu diketahui bahwa variabel parameter dalam stored procedure dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. IN : Variabel parameter hanya dapat digunakan untuk menerima input saja. IN juga sebagai nilai default dari variabel parameter.
  2. OUT : Variabel parameter hanya dapat digunakan untuk menyimpan hasil output saja.
  3. INOUT : Variabel parameter digunakan untuk menerima input dan menyimpan hasil output.

Nah, sekarang saatnya kita latihan membuat stored procedure. Misalnya kita ingin membuat stored procedure untuk mengetahui jumlah siswa yang bertempat tinggal di kota tertentu. Maka perintahnya seperti dibawah ini.

contoh stored procedure di mysql

Keterangan :

Dari perintah SQL diatas kita membuat stored procedure dengan nama jumlah_siswa yang memiliki 2 variabel parameter yang bernama vKota dan iJumlah. Variabel parameter vKota bertipe data varchar dengan batas maksimum karakter 50 dan jenis variabel parameternya IN. Sedangkan variabel parameter iJumlah bertipe data INT dan jenis variabel parameternya OUT.

Isi stored procedure diawali dengan BEGIN dan diakhiri dengan END. Isi stored procedure berisi perintah untuk mengetahui jumlah baris (SELECT COUNT(*)) dari table siswa, dimana kota ditentukan dengan nilai variabel vKota (WHERE kota = vKota). Hasil dari perintah (SELECT COUNT(*)) akan disimpan dalam variabel iJumlah (INTO iJumlah).

Untuk menggunakan stored procedure jumlah_siswa yang kita buat. Kita dapat mengunakan perintah berikut ini.

call stored procedure di mysql

Setelah kita menjalankan atau mengexecute perintah sql diatas kita dapat melihat hasilnya menggunakan perintah berikut ini.

select iJumlah

Kurang lebih hanya itu yang dapat ane sampaikan gan, semoga sekarang agan sudah mengetahui cara membuat stored procedure di MySQL. Oh ya gan, jangan lupa baca juga cara membuat function di MySQL. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah