Cara Membuat Table di MySQL | Jika kita sudah membuat sebuah database di MySQL baik membuatnya menggunakan phpMyAdmin, command prompt (cmd) atau yang lainnya. Langkah selanjutnya adalah membuat table pada database tersebut. Pada postingan kali ini kita akan belajar cara membuat sebuah table di MySQL menggunakan phpMyAdmin dan command prompt (cmd).

Oh ya gan, sebelum praktek pastikan agan sudah membuat database MySQL, jika agan belum mengetahui caranya agan dapat membaca postingan sebelumnya yaitu, cara membuat database MySQL. Nah, jika agan sudah membuat database kita langsung praktek saja. Berikut ini adalah cara membuat table di MySQL.

Cara Membuat Table di MySQL Menggunakan phpMyAdmin

  1. Pastikan Apache dan MySQL dalam keadaan aktif di PC agan. Jika belum aktif agan dapat mengaktifkannya melalui XAMPP Control Panel dengan cara mengklik button start yang sejajar dengan tulisan Apache dan MySQL. Contohnya seperti gambar dibawah ini.XAMPP Control Panel
  2. Kemudian ketikan http://localhost/phpmyadmin pada addressbar browser di PC agan.Tampilan phpMyAdmin
  3. Setelah tampilan phpMyAdmin muncul seperti gambar diatas. Kemudian klik database yang ingin agan buatkan tablenya. Dalam contoh praktek kali ini kita membuat table karyawan didalam database db_coba.cara membuat table di mysql menggunakan phpmyadminDari gambar diatas kita bisa lihat kolom Name = karyawan dan Number of Colom = 3. Jika nama table dan jumlah kolom sudah terisi, klik button atau tombol Go.cara membuat kolom di mysql menggunakan phpmyadminIsikan kolom Name, Type, Length/Values, Index seperti gambar diatas.
     

    Kolom 1 => Name : nik, Length/Values : 6, Index : Primary Key
    Kolom 2 => Name : nama_karyawan, Length/Values : 100
    Kolom 3 => Name : alamat, Length/Values : 255

    Jika sudah klik button atau tombol Save.

  4. Jika pembuatan table karyawan berhasil maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.table di mysql berhasil dibuat menggunakan phpmyadmin

Cara Membuat Table di MySQL Menggunakan Command Prompt (CMD)

  1. Pastikan MySQL dalam keadaan aktif di PC agan.
  2. Buka Command Prompt.
  3. Ketikan cd:\xampp\mysql\bin dan tekan tombol enter.
  4. Ketikan “mysql –u root –p “ serta masukan password yang agan isi pada saat penginstallan MySQL. Jika pada saat penginstallan MySQL agan tidak mengisikan password, maka agan ketikan perintah “mysql –u root”. Kemudian tekan tombol enter.
  5. Ketikan “use [nama_database]”. Dalam contoh praktek ini kita menggunakan database db_coba. Perintah yang akan kita ketikan “use db_coba” dan tekan tombol enter.
  6. Ketikan perintah yang diblok dengan warna merah seperti gambar dibawah ini.cara membuat table di mysql menggunakan command promptDari gambar diatas kita membuat table karyawan didalam database db_coba. Jika perintahnya sudah selesai agan ketikan, kemudian tekan tombol Enter.
  7. Untuk mengecek apakah table karyawan berhasil kita buat. Ketikan perintah “show tables;”. Jika tampilannya seperti gambar dibawah ini maka table karyawan berhasil dibuat.show tables di mysql menggunakan command prompt

Bagaimana sekarang agan sudah tahukan cara membuat table di MySQL menggunakan phpMyAdmin dan command prompt (cmd)? Sekarang tinggal agan praktekan sendiri cara-cara diatas. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah