Selamat sore pembaca setia Haniif.com, pada kempatan ini saya ingin share tentang cara mencegah pengaksesan folder secara langsung menggunakan .htaccess. Ini merupakan salah satu materi keamanan website. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya silahkan simak artikel ini.

Terkadang kita tidak ingin pengunjung website dapat mengakses folder secara langsung di situs milik kita, baik itu folder images, config atau folder yang lainnya. Itu semua demi keamanan situs kita.

Jika pengunjung mengetahui nama folder di situs kita, mereka dapat mengaksesnya dengan cara mengetikan url nama folder nya pada browser. Salah satu contohnya adalah http://www.haniif.com/images. Dengan mengetikan url tersebut pengunjung bisa melihat semua file gambar yang berada didalam folder images situs ini. Pasti pengunjung dengan mudah mendownload gambar tersebut tanpa harus mengetahui nama file nya bukan? Inilah yang menjadi bahayanya.

Untuk menutup celah pengaksesan folder secara langsung kita harus membuat file .htaccess. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka notepad di komputer atau PC Anda.
  2. Silahkan ketikan Options -All Indexes.
  3. Kemudian simpan file tersebut. Pada kolom File name silahkan isi .htaccess dan pada Save as type pilih All Files (*.*). Lalu klik tombol Save.
  4. Upload file .htaccess tersebut dan taruh didalam folder yang tidak ingin diakses secara langsung. Sebagai contoh saya menempatkannya didalam folder images pada situs ini.
  5. Untuk mengecek berhasil atau tidak, silahkan akses kembali url nama folder nya. Apabila tampilannya seperti gambar di bawah ini, itu berarti berhasil.

Cara Mencegah Pengaksesan Folder Secara Langsung Menggunakan .htaccess, Permission Denied

Baca juga: Cara Menginstall IIS 8 di Windows 8

Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan gunakan form komentar di bawah ini. Terimakasih.