cara mengatasi Apache tidak bisa running di XAMPP

Bagaimana cara mengatasi Apache tidak bisa running di XAMPP? Permasalahan ini pernah ane alami ketika ane sehabis install XAMPP di windows kemudian ane running Apachenya. Jrengjreng.. Apache It’s not running. :( . Mungkin dari agan juga ada yang pernah mengalami permasalahan ini. Kalau pernah, berarti senasib dengan ane. 😀

Akhirnya timbulah pertanyaan seperti ini, mengapa Apache tidak bisa running di XAMPP? Check and recheck ternyata port 80 di PC ane sudah dipakai oleh IIS (Internet Information Server). Secara default Apache menggunakan port ini, yaitu port 80. Dari sini sudah dapat titk permasalahannya. Langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk mengatasinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Running di XAMPP?

Solusi dari permasalahan Apache tidak bisa running adalah mengganti port default yang dipakai oleh Apache, yaitu port 80. Silahkan agan simak cara mengubah port Apache dibawah ini.

  1. Buka file httpd.conf menggunakan text editor. Secara default file ini berlokasi di C:\XAMPP\Apache\conf.
  2. Kemudian cari kata “Listen 80” dan ubah menjadi “Listen 1080”. Port 1080 hanya opsional bisa agan ganti berdasarkan port yang tersedia di PC agan.
  3. Masih dalam file httpd.conf, sekarang agan cari kata “ServerName localhost: 80” dan ubah menjadi “ServerName localhost:1080”. Port 1080 opsional penjelasannya sama seperti yang diatas.
  4. Setelah itu save atau simpan.

Sampai sini permasalahan port 80 sudah solved. Namun, ada lagi permasalahan yang ane alami ketika port 443, yaitu Port SSL di PC ane terpakai oleh VMWare. Solusinya adalah mengganti port SSL tersebut. Berikut cara untuk mengubah port SSL.

  1. Buka file httpd-ssl.conf menggunakan text editor. Secara default file ini berlokasi di C:\XAMPP\Apache\conf\extra.
  2. Kemudian cari kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4430”. Port 4430 hanya opsional bisa diganti dengan port yang tersedia di PC agan.
  3. Masih dalam file httpd-ssl.conf, sekarang agan cari kata “<VirtualHost _default_:443>” dan ubah menjadi “<VirtualHost _default_:4430>”.
  4. Masih dalam file http-ssl.conf juga, sekarang agan cari kata “ServerName Localhost:443” dan ubah menjadi “ServerName Localhost:4430”.
  5. Setelah itu save atau simpan.

Jika kedua file tersebut sudah diedit dengan cara-cara diatas. Sekarang buka XAMPP Control Panel, kemudian klik button start yang sejajar dengan tulisan Apache. Jika tulisan Apache terblok dengan warna hijau itu berarti berhasil. Namun, jika tulisan Apache terblock warna merah maka itu berarti gagal.

Catatan: Setiap melakukan perubahan pada file httpd.conf dan httpd-ssl.conf lakukan restart Apache pada XAMPP Control Panel.

Itulah cara mengatasi Apache yang tidak bisa running di XAMPP. Semoga cara ini juga work buat agan yang mengalami permasalahan ini. Oh ya gan, jangan lupa tambahkan port dibelakang http://localhost menjadi http://localhost:1080 setiap agan mengakses web server ini.

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah