Kecepatan loading sebuah website atau blog merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh admin atau pemiliknya. Mengapa demikian? Karena hal ini menyangkut kenyaman dari pengunjung website.

Pengunjung akan merasa nyaman tentunya apabila mereka mengunjungi website yang loading nya cepat. Dan sebaliknya, mereka tidak akan nyaman apabila mengunjungi webiste yang loading nya lambat atau berat.

Kalau pengunjung website merasa nyaman, tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali mengunjungi website tersebut. Ini menjadi keuntungan bagi si pemilik website.

Cara Meningkatkan Loading Website

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan loading sebuah website atau blog menjadi berat serta solusinya diantaranya yaitu:

  • Ukuran file gambar yang ditampilkan pada halaman website relatif besar.

    Solusi: Sebelum Anda mengupload gambar ke hosting, Anda harus mengkompres gambar terlebih dahulu menggunakan aplikasi image compressor atau menggunakan tools online dari kraken.io (https://kraken.io/web-interface).

    Jika Anda sudah terlanjur mengupload gambar ke hosting, silahkan kompres gambarnya dan upload ulang kembali.

  • Tidak membuat cache pada halaman website.

    Solusi: Jika website Anda menggunakan platform wordpress Anda dapat menginstall plugin W3 Total Cache atau WP Super Cache.

  • Tidak menaruh file yang sifatnya statis di CDN. File statis yang dimaksud seperti file CSS, javascript, gambar dan file lainnya yang merupakan asset dari website.

    Solusi: Silahkan buat CDN dengan subdomain, lalu pindahkan file asset website Anda ke subdomain tersebut. Untuk cara membuatnya Anda dapat googling.

  • File CSS dan javascript belum dikompres.

    Solusi: Anda harus mengkompres file CSS dan Javascript. Untuk mengkompres file CSS Anda dapat mengunjungi url ini http://cssminifier.com dan untuk mengkompres file javascript Anda dapat mengunjungi url ini http://javascript-minifier.com.

  • Menggunakan eksternal resource yang relatif banyak seperti menggunakan script dari website lain.

    Solusi: Pindahkan script tersebut ke dalam hosting website Anda, jika memungkinkan.

  • Selain faktor diatas bisa juga disebabkan oleh kinerja server hosting yang kurang baik seperti sering over load.

    Solusi: Jika server hosting Anda sering bermasalah, alangkah baiknya Anda pindah ke provider hosting lain yang lebih baik. Saran saya pilih provider hosting yang sudah memiliki kredibilitas.

Nah, untuk mengecek kecepatan loading website atau blog Anda dapat menggunakan tools online yaitu, GTmetrix. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan kunjungi website GTmetrix (https://gtmetrix.com).
  2. Kemudian masukan url website Anda di kolom Enter URL to Analyze.
  3. Klik tombol Analyze.
  4. Silahkan lihat PageSpeed Score. Apabila score nya lebih kecil dari 75% itu berarti website Anda tergolong lambat. Jika lebih besar dari 75% website Anda tergolong cepat.

Oh ya, setiap Anda melakukan perbaikan pada website Anda, yang mana menggunakan solusi yang saya sebutkan sebelumnya, jangan lupa untuk mengecek kecepatan loading nya kembali di GTmetrix.

Baca juga: 15 Manfaat Internet Secara Umum

Saya amat terkesan jika Anda mau menambahkan kekurangan dari poin-poin diatas. Terimakasih.