Cara Membuat QR Code dengan PHP | QR Code sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita bukan? Mungkin dalam keseharian kita sering menjumpai QR Code seperti QR Code yang melekat di majalah, kemasan makanan dan lain sebagainya. Selain itu beberapa aplikasi mobile yang populer saat ini juga menggunakan QR Code. Salah satu contohnya adalah whatsapp. Apabila kita ingin menikmati whatsapp versi web, kita akan login dengan cara menscan QR Code yang tampil pada web whatsapp tersebut dengan smartphone milik kita. Jika dipindai dengan benar, maka kita akan dibawa ke halaman utama.

Nah, kira-kira apa ya definisi dari QR Code itu sendiri? Berikut definisi QR Code yang saya kutip dari wikipedia.

QR Code atau Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

Bagaimana sekarang Anda sudah tahu bukan definisi dari QR Code? Saatnya kita lanjut ke cara membuat QR Code dengan PHP. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama Anda harus mendownload library PHP QR Code disini.
  2. Buatlah sebuah folder dengan nama ‘qrcode’ di C:\xampp\htdocs. Kemudian extract library PHP QR Code yang telah didownload sebelumnya di folder ini.
  3. Buka editor seperti notepad, notepad++, sublime atau yang lainnya pada PC Anda. Ketikan script PHP di bawah ini.
    <?php 
      include('phpqrcode/qrlib.php'); 
      QRcode::png('http://haniif.com'); 
    ?>

    Kemudian simpan file tersebut dengan nama ‘generate_qrcode.php’ pada folder ‘qrcode’.

  4. Buka browser di PC Anda, lalu ketikan http://localhost/qrcode/generate_qrcode.php. Jika tampilan di browser Anda seperti gambar di bawah ini, itu tandanya Anda berhasil.

Cara Membuat QR Code Dengan PHP

Semoga tutorial PHP mengenai cara membuat QR Code dengan PHP ini dapat bermanfaat untuk Anda. Oh, ya jangan lupa simak juga cara membuat koneksi ke database MySQL dengan PHP. Terimakasih. :)