Kenali! 7 Jenis Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Berikut Ini

Posted on

Virus komputer merupakan sebuah perangkat lunak atau software berbahaya dan memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya sendiri. Itulah mengapa virus komputer sangat mudah untuk menyebar. Virus yang terdapat di perangkat komputer akan menyebabkan kerusakan, baik itu kerusakan ringan ataupun kerusakan yang berat. Selain itu juga akan mempengaruhi kinerja dari sistem dan program komputer.

Komputer yang terinfeksi virus akan membuat komputer tersebut tidak dapat bertahan lama. Selain itu, virus juga dapat membuat file-file maupun aplikasi yang terdapat di dalam komputer menjadi hilang. Virus yang menginfeksi komputer terdiri dari berbagai jenis. Virus-virus tersebut dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan teknik, asal virus tersebut, jenis file yang terinfeksi virus, jenis kerusakan, dimana virus tersebut bersembunyi, dan jenis sistem operasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis virus komputer beserta masing-masing penjelasannya.

Jenis Virus Komputer

1.  Rian.vbs

Jenis virus komputer yang satu ini akan menciptakan file baru berupa autorun.inf serta RiaN.dll.vbs saat menginfeksi. Virus ini memiliki ukuran 3788 bytes dan biasanya file baru yang tercipta akibat virus VBScript ini bisa terdapat pada setiap root drive, begitu pula pada flash disk.

2.  ForrisWaitme

Virus ini memiliki kemampuan untuk melakukan penyamaran dengan menggunakan icon yang mirip dengan folder standard dari windows. Hal lain yang ditimbulkan akibat adanya jenis virus komputer ini, yaitu tertukarnya fungsi tombol pada mouse kanan dan mouse bagian kiri, atau dengan menghilangkan menu folder options, dan masih banyak lagi.

3.  Link Virus

Link virus merupakan salah satu contoh virus dari File Allocation Table (FAT). FAT merupakan tempat penyimpanan semua informasi yang berkaitan dengan ruang yang tersedia, lokasi file, ruang yang tidak dapat digunakan dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya, virus FAT ini akan menyerang bagian File Allocation Table (FAT). Virus ini juga dapat menyerang informasi penting yang ada di komputer. Dengan demikian, akses untuk menuju ke bagian tertantu dari tempat file penting tersimpan akan terhalang karena adanya virus FAT tersebut. Selain itu, kerusakan yang disebabkan oleh jenis virus komputer tersebut akan mengakibatkan hilangnya informasi atau bahkan seluruh direktori yang ada di komputer Anda.

Agar komputer Anda tidak terinfeksi virus ini, sebaiknya Anda menghapus file-file yang tidak diperlukan karena mungkin diantara file-file yang tidak Anda gunakan tersebut salah satunya adalah file yang dibuat oleh virus FAT tersebut.

4.  Vienna Virus

Sedangkan virus berikutnya merupakan salah satu virus dari jenis Direct Action Viruses. Jenis virus ini memiliki tujuan utama untuk bertindak dan meniru. Virus ini akan menginfeksi file AUTOEXE.BAT. Jenis virus komputer ini selalu berpindah-pindah lokasi ke file baru. Akan tetapi, biasanya virus ini selalu ditemukan pada direktori yang terdapat di hard disk. Untuk dapat mencegah komputer Anda terinfeksi virus tersebut, maka Anda harus menginstall scanner antivirus.

5.  Way

Selain itu, ada juga jenis virus yang dapat menghapus semua informasi yang ada di dalam file yang terinfeksi. Biasanya, virus komputer ini bersembunyi dengan cara mengubah isi file namun tidak mengubah ukuran file yang terinfeksi tersebut. Jika Anda tidak ingin komputer Anda terinfeksi virus tersebut, maka satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan agar dapat membersihkan file yang terinfeksi virus way tersebut maka Anda harus menghapus file yang terkena virus.

6.  CMJ

Salah satu virus yang masuk ke dalam Memory Resident Virus ini merupakan jenis virus komputer yang meneta dalam memori komputer pada saat OS berjalan. Selain itu, semua file yang dibuka juga akan terinfeksi oleh jenis virus tersebut. Virus CMJ ini bersembunyi di dalam RAM dan akan terus berada di tempat tersebut meski kode berbahaya telah dijalankan. Jenis virus yang satu ini cukup berbahaya karena dapat menginfeksi dan merusak program-program dan file-file yang sedang dibuka, ditutup, diubah, bahkan sudah disalin, dan lain sebagainya.

7.  JS. Fortnight

Jenis virus komputer yang satu ini merupakan salah satu jenis Web Scripting Virus. Virus JS. Fortnight ini merupakan virus yang berbahaya dan menyebar melalui email. Virus ini timbul diakibatkan oleh kode kompleks yang digunakan untuk menciptakan konten yang interaktif dan menarik yang digunakan di berbagai halaman web. Namun kode tersebut cukup sering dimanfaatkan untuk melakukan suatu tindakan yang tidak diinginkan. Virus JS. Fortnihgt bersembunyi pada sumber utama halaman web yang terinfeksi. Untuk dapat mencegah komputer Anda terinfeksi jenis virus tersebut, Anda harus menginstall aplikasi Microsoft tool. Aplikasi tersebut merupakan salah satu fitur standar yang tersedia pada windows 2000, Windows Vista, dan Windows 7. Setelah anda menginstall aplikasi Microsoft Tool, maka lakukan scan komputer Anda dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Komputer

Agar komputer Anda terhindar dari berbagai jenis virus komputer di atas. Minimal ada 1 antivirus yang terinstal dan terupdate di komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *