Kemampuan PHP | Sebelum memilih bahasa pemrograman, apapun itu bahasa pemrogramannya tentu kita semua ingin mengetahui kemampuannya secara mendetail. Pada postingan kali ini ane akan membahas kemampuan dari bahasa pemrograman PHP. Berikut ini adalah beberapa kemampuan PHP yang ane ketahui.

kemampuan php

  1. PHP merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan dibanyak sistem operasi seperti Linux, UNIX, Mac OS X, Microsoft Windows, RISC OS dan lain sebagainya. Sehingga dengan kefleksibelan didalam sistem operasi ini agan memiliki banyak pilihan dalam memilih sistem operasi (os) yang akan digunakan.
  2. PHP merupakan bahasa pemrograman yang didukung oleh sebagian web server saat ini seperti Apache, Nginx, Internet Information Server (IIS), Personal Web Server, Caudium, Xitami, Oreilly Website Pro Server dan lain sebagainya. Dengan banyaknya aplikasi web server yang mendukung PHP tentu agan lebih memiliki banyak pilihan pula. Agan tinggal memilih web server yang sesuai kebutuhan dan selera agan.
  3. Dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya, agan tidak hanya terbatas dengan output HTML saja. Output dapat berupa image, flash movies, xml, pdf files, zip files, xls atau xlsx files, doc atau docx files dan lain sebagainnya
  4. PHP juga mendukung banyak aplikasi database. Inilah kemampuan PHP yang dapat dikatakan cukup menonjol. Database apa sajakah yang didukung oleh PHP? Berikut beberapa daftarnya.

     

    No. Database No. Database No. Database
    1 Adabas D 8 Ingres 15 Oracle
    2 dBase 9 Interbase 16 Ovrimos
    3 Empress 10 FrontBas 17 PostgreSQL
    4 FilePro (Read-Only) 11 mSQL 18 Solid
    5 Hyperwave 12 Direct MS-SQL 19 Sybase
    6 IBM DB2 13 MySQL 20 Velocis
    7 Informix 14 ODBC 21 Unix DBM

     

  5. PHP juga mendukung banyak protokol-protokol untuk berkomunikasi dengan service-service seperti SNMP, IMAP, NNTP, POP3, HTTP, COM, LDAP dan lain sebagainya. PHP juga dapat membuka soket jaringan secara mentah dan berinteraksi dengan menggunakan protokol lainnya.

Itulah beberapa kemampuan PHP yang kiranya dapat menjadi pengetahuan untuk agan sekalian. Jika sekiranya agan ingin menambahkan kemampuan PHP yang ane tulis diatas ane sangat senang sekali. Oh ya gan, baca juga artikel sebelumnya apa itu PHP?. Terimakasih. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah