Fungsi Agregat di MySQL | Fungsi Agregat, Apakah agan sudah pernah mendengar fungsi di database MySQL yang satu ini? Jika sudah pernah mendengar kemungkinan agan sudah mengetahui kegunaan dari fungsi ini. Ya, Fungsi ini digunakan untuk mengelompokan data. Adapun yang tergolong didalam fungsi agregat, yaitu SUM, MAX, MIN, AVG dan COUNT.

Pada latihan kali ini ane menggunakan sample data dari table database sebelumnya, jika agan belum mendownloadnya silahkan agan download terlebih dahulu disini. Jika sudah didownload silahkan agan export database tersebut. Kalau export berhasil kurang lebih tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Table Kategori:

table kategori

Table Produk:

table produk

Kita bisa lihat didalam database tersebut terdapat 2 table, yaitu kategori dan produk. Dari masing-masing table tersebut juga memiliki beberapa data. Untuk mengetahui fungsi agregat di MySQL, agan dapat menyimak penjelasan serta cara penggunaannya berikut ini.

COUNT()

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan nilai jumlah record atau baris didalam suatu table. Cara penggunaan:

SELECT COUNT(*) FROM kategori;

Atau

SELECT COUNT(id_kategori) FROM kategori;

SUM()

Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan nilai pada kolom table yang bertipe data numerik seperti integer, float, double dan lain sebagainya. Cara penggunaan:

SELECT SUM(stok) FROM produk;

MAX()

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan nilai terbesar pada kolom table. Cara penggunaan:

SELECT MAX(stok) FROM produk;

MIN()

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan nilai terkecil pada kolom table. Cara penggunaan:

SELECT MIN(stok) FROM produk;

AVG()

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan nilai rata-rata pada kolom table. Cara penggunaan:

SELECT AVG(stok) FROM produk;

Bagaimana sampai sini apakah agan sudah mengetahui fungsi agregat di MySQL? Jika sudah paham, agan juga dapat mengkombinasikan dengan operator perbandingan di MySQL. Misalnya kita ingin mencari stok terkecil dari kategori produk “Apple”. Maka querynya seperti dibawah ini:

SELECT MIN(stok) FROM produk INNER JOIN kategori ON produk.id_kategori = kategori.id_kategori WHERE kategori.nama_kategori = ‘Apple’;

Semoga bermanfanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah