Operator Logika di MySQL | Operator logika, operator ini biasanya digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dengan kondisi atau syarat. Adapun operator yang termasuk kedalam operator logika, yaitu operator AND, operator OR dan operator NOT. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai operator tersebut silahkan agan simak penjelasan serta cara penggunaanya dibawah ini.

operator logika di mysql

Operator AND

Operator AND digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dari table dengan kondisi atau syarat nilai kedua-duanya harus benar (TRUE). Jika terdapat salah satu nilai yang bernilai salah (FALSE) maka data tidak akan ditampilkan, karena tidak memenuhi syarat. Untuk memahami hasil kebenaran AND dari kedua nilai dapat agan simak table dibawah ini.

Nilai A Nilai B Hasil Nilai A AND Nilai B
TRUE TRUE TRUE
TRUE FALSE FALSE
FALSE TRUE FALSE
FALSE FALSE FALSE

Cara penggunaan sederhana:

SELECT 1 AND 1, 1 AND 0, 0 AND 1, 0 AND 0;

Operator OR

Operator OR digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dari table dengan kondisi atau syarat nilai salah satunya benar (TRUE) atau kedua-duanya. Dibawah ini adalah table agar agan lebih mudah memahami hasil kebenaran OR dari kedua nilai.

Nilai A Nilai B Hasil Nilai A OR Nilai B
TRUE TRUE TRUE
TRUE FALSE TRUE
FALSE TRUE TRUE
FALSE FALSE FALSE

Cara penggunaan sederhana:

SELECT 1 OR 1, 1 OR 0, 0 OR 1, 0 OR 0;

Operator NOT

Operator NOT digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dari table dengan kondisi nilai kebalikannya. Maksudnya jika nilai benar (TRUE) operator ini akan membalikan nilai tersebut menjadi salah (FALSE) dan nilai salah (FALSE) inilah yang akan diambil atau ditampilkannya. Untuk memahami hasil kebenaran NOT dapat agan simak table dibawah ini.

Nilai A Hasil NOT Nilai A
TRUE FALSE
FALSE TRUE

Cara penggunaan sederhana:

SELECT NOT 1, NOT 0;

Bagaimana sekarang agan sudah tahukan operator logika di MySQL serta cara penggunaan sederhananya? Jika agan sudah tahu, sekarang saatnya kita lanjut latihan menggunakan sample data dari table database sebelumnya. Jika agan belum mendowload silahkan agan download terlebih dahulu disini. Kemudian agan export database tersebut. Setelah database berhasil diexport terdapat 2 table didalamnya yaitu, kategori dan produk.

Table Kategori:

table kategori

Table Produk:

table produk

Bisa agan lihat gambar diatas dimana table kategori dan table produk memiliki beberapa data. Ok gan langsung saja kita latihan cara menggunakan operator logika di MySQL dengan sample data dari table database tersebut.

Cara Penggunaan Operator AND

Query dibawah ini digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dari table produk dengan syarat harga produk > 5jt dan stok produk > 5.

SELECT * FROM produk WHERE harga > 5000000 AND stok > 5;

Cara Penggunaan Operator OR

Query dibawah ini digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dari table produk dengan syarat harga produk > 5jt atau stok produk > 5.

SELECT * FROM produk WHERE harga > 5000000 OR stok > 5;

Cara Penggunaan Operator NOT

Query dibawah ini digunakan untuk mengambil atau menampilkan data dari table produk dengan syarat harga produk < 5jt. Namun pada penulisan querynya harga produk > 5jt, karena operator NOT akan mengembalikan nilai sebaliknya.

SELECT * FROM produk WHERE NOT harga > 5000000;

Kalau sudah sampai sini berakhir pula artikel mengenal operator logika di MySQL. Baca juga fungsi agregat di MySQL. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah