Operator Perbandingan di MySQL | Operator Perbandingan dari namanya saja agan sudah dapat menebak bahwa operator ini digunakan untuk membandingkan. Dengan operator ini kita dapat membandingkan dua nilai atau lebih. Operator ini juga biasanya digunakan dalam proses penyeleksian. Adapun operator yang tergolong didalam operator perbandingan seperti operator equal (=), operator not equal (!=), operator greater than (>), operator greater than or equal to (>=), operator less than (<) dan operator less than or equal to (<=). Untuk mengetahui masing-masing penjelasan serta penggunaan operator tersebut silahkan agan simak dibawah ini.

operator perbandingan di mysql

Operator Equal (=)

Operator equal atau sama dengan (=) akan menghasilkan TRUE atau nilai 1 jika nilai pembanding memiliki nilai yang sama dengan nilai yang dibandingkan. Contoh penggunaan sederhana:

SELECT 1 = 0;

Operator Not Equal (!=)

Operator not equal atau tidak sama dengan (!=) akan menghasilkan TRUE atau nilai 1 jika nilai pembanding memiliki nilai yang tidak sama dengan nilai yang dibandingkan. Contoh penggunaan sederhana:

SELECT 1 != 0;

Operator Greater Than (>)

Operator greater than atau lebih dari (>) digunakan untuk mengambil atau menampilkan data yang memiliki nilai lebih dari nilai pembandingnya. Contoh penggunaan sederhana:

SELECT 1 > 0;

Operator Greater Than or Equal To (>=)

Operator greater than or equal to atau lebih dari atau sama dengan (>=) digunakan untuk mengambil atau menampilkan data yang memiliki nilai lebih dari atau sama dengan nilai pembandingnya. Contoh penggunaan sederhana:

SELECT 1 >= 0;

Operator Less Than (<)

Operator less than atau kurang dari (<) digunakan untuk mengambil atau menampilkan data yang memiliki nilai kurang dari nilai pembandingnya. Contoh penggunaan sederhana:

SELECT 1 < 0;

Operator Less Than or Equal To (<=)

Operator less than or equal to atau kurang dari atau sama dengan (<=) digunakan untuk mengambil atau menampilkan data yang memiliki nilai kurang dari atau sama dengan nilai pembandingnya. Contoh penggunaan sederhana:

SELECT 1 <= 0;

Nah, Bagaimana sekarang agan sudah tahukan operator perbandingan di MySQL serta contoh penggunaan sederhanannya? Jika agan sudah mengetahuinya kita lanjut praktek menggunakan sample data dari table database. Silahkan agan download terlebih dahulu sample datanya disini. Setelah itu export database tersebut. Jika database sudah berhasil diexport kurang lebih tampilan tablenya seperti dibawah ini.

Table Kategori:

table kategori

Table Produk:

table produk

Dari gambar diatas kita bisa melihat didalam database terdapat 2 table, yaitu kategori dan produk. Masing-masing dari table tersebut juga terdapat beberapa data. Ok gan, langsung saja kita praktek. Berikut cara penggunaannya:

Cara Penggunaan Operator Equal (=)

Query dibawah ini untuk menampilkan data kategori produk dengan kriteria nama kategori “Apple”.

SELECT * FROM kategori WHERE nama_kategori = ‘Apple’;

Cara Penggunaan Operator Not Equal (!=)

Query dibawah ini untuk menampilkan data kategori dengan kriteria nama kategori selain “Apple”.

SELECT * FROM kategori WHERE nama_kategori != ‘Apple’;

Cara Penggunaan Operator Greater Than (>)

Query dibawah ini untuk menampilkan data produk dengan kriteria harga produk lebih dari 3.250.000.

SELECT * FROM produk WHERE harga > 3250000;

Cara Penggunaan Operator Greater Than or Equal To (>=)

Query dibawah ini untuk menampilkan data produk dengan kriteria harga produk lebih dari atau sama dengan 3.250.000.

SELECT * FROM produk WHERE harga >= 3250000;

Cara Penggunaan Operator Less Than (<)

Query dibawah ini untuk menampilkan data produk dengan kriteria harga produk kurang dari 3.250.000.

SELECT * FROM produk WHERE harga < 3250000;

Cara Penggunaan Operator Less Than or Equal To (<=)

Query dibawah ini untuk menampilkan data produk dengan kriteria harga produk kurang dari atau sama dengan 3.250.000.

SELECT * FROM produk WHERE harga <= 3250000;

Semoga artikel mengenal operator perbandingan di MySQL ini dapat bermanfaat untuk agan. Oh ya gan, baca juga fungsi tanggal dan waktu di MySQL. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah