Ingin Mahir Mengetik 10 Jari? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Posted on

Mengetik sudah menjadi kemampuan umum yang wajib dan mau tidak mau dikuasai oleh sebagian besar orang sekarang ini. Baik itu para karyawan kantoran, organisasi dan khususnya pelajar serta kalangan akademisi karena pada saat menempuh pendidikan mereka diajari mengetik menggunakan komputer. Namun, banyak dari mereka belum menguasai cara mengetik 10 jari bahkan masih mengetik dengan 2 jari saja dan belum lancar padahal mengetik adalah sarana yang penting dalam setiap pekerjaan mereka seperti membuat laporan tugas dan masih banyak lagi. Terlebih lagi sebagian besar perusahaan sekarang ini juga mempertimbangkan Anda lebih lagi jika memiliki kemampuan ini karena dirasa dapat membuat pekerjaan cepat dan menjadi lebih efisien waktu. Sungguh sayang jika sampai sekarang Anda belum mahir.

Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan dan Berbagai Metode Cara Mengetik 10 Jari

cara mengetik 10 jari

Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk mempelajari cara mengetik 10 jari namun pertama-tama sebaiknya Anda perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini :

  1. Menghafal posisi tombol abjad dan tombol-tombol lain di keyboard. Tips: Anda dapat menghafalnya secara langsung dan usahakan di keyboard komputer pribadi atau keyboard standar terlebih dulu.
  2. Mengondisikan kedua tangan Anda pada keyboard hingga familiar. Tips: Gunakan berbagai aplikasi di komputer yang menuntut variasi tombol keyboard seperti games.
  3. Mengenal fungsi masing-masing tombol pada keyboard terutama tombol selain abjad seperti SHIFT, ALT, CTRL, F1-F12, dan kombinasi penekanan 2 tombol atau lebih yang dapat menghasilkan fungsi berbeda. Tips: Tiap Anda memakai aplikasi usahakan gunakan keyboard untuk memanggil fungsi selain biasanya memakai mouse.
  4. Area tangan kiri. Sesuai pembagian daerah keyboard diatas sekarang area tangan kiri juga dibagi menurut masing-masing jari. Ibu jari biasanya digunakan untuk menekan tombol space. Jari telunjuk kiri biasanya digunakan untuk menekan tombol R, T, F, G, V, B, 4, dan 5. Jari tengah kiri biasanya digunakan untuk menekan tombol E, D, C, dan 3. Jari manis kiri biasanya digunakan untuk menekan tombol W, S, X, dan 2. Jari kelingking kiri biasanya digunakan untuk menekan tombol Q, A, Z, 1, dan berbagai tombol fungsi di sebelah kiri.
  5. Area tangan kanan. Sesuai pembagian daerah keyboard diatas sekarang area tangan kanan juga dibagi menurut masing-masing jari. Ibu jari biasanya digunakan untuk menekan tombol space. Jari telunjuk kanan biasanya digunakan untuk menekan tombol Y, U, H, J, N, M, 6 dan 7. Jari tengah kanan biasanya digunakan untuk menekan tombol I, K, koma (,), kurang dari (<) dan 8. Jari manis kanan biasanya digunakan untuk menekan tombol O, L, titik (.), lebih dari (>), dan 9. Jari kelingking kanan biasanya digunakan untuk menekan tombol P, titik koma (;), titik dua (:), tanda tanya (?), garis miring atau slash (/), 0 dan berbagai tombol fungsi di sebelah kanan.

Menguasai cara mengetik 10 jari memang membutuhkan rentang waktu yang berbeda pada setiap individu tergantung seberapa familiarnya dengan keyboard. Kadang dapat mengetik menggunakan 4-6 jari sudah cukup baik dan lebih mudah untuk menuju ke 10 jari. Metode yang efektif dan dapat Anda lakukan untuk memulai berlatih adalah sebagai berikut:

1.  Metode Langsung

Metode pertama untuk berlatih cara mengetik 10 jari, yaitu mengetik dokumen sederhana secara langsung dan berlanjut setiap hari. Biarkanlah jika ada typo (kesalahan penulisan) supaya tidak mengganggu konsentrasi Anda. Urus dan benarkan typo saat pengetikan sudah selesai atau berganti paragraf baru.

2.  Metode Aplikasi Online

Sekarang ini banyak tersedia aplikasi maupun online website yang menyediakan jasa latihan cara mengetik 10 jari lengkap dengan catatan rata-rata huruf, karakter, dan kecepatan mengetik Anda. Bahkan beberapa menyediakan semacam “wall of fame” bagi rekor tercepat. Adapun contohnya antara lain typingmaster.com, typing-speed-test.aoeu.eu, rapidtyping.com, wordcountertool.com dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengenal Jenis Virus Komputer

Setelah Anda paham tentang letak area masing-masing jari serta setiap metode yang telah dijabarkan diatas, mulai biasakanlah secara berulang menggunakan aturan tersebut saat Anda melakukan pengetikan agar Anda menguasai cara mengetik 10 jari dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *