Normalisasi Database | Normalisasi merupakan sebuah proses pengeroganisasian atribut dan relasi table untuk meminimalkan suatu kesalahan seperti redudansi dan anomali. Teori normalisasi ditemukan pertama kali oleh Dr. Codd pada tahun 1970. Dengan teori ini kita dapat meminimalkan suatu kesalahan dalam mendesain database.

Bagi agan yang belum mengetahui permasalahan database dapat membaca pada postingan sebelumnya. OK gan kita lanjut ke topik pembahasan, dalam proses normalisasi table pada database kita akan melalui beberapa tahap. Berikut penjelasannya gan.

Normalisasi Database

normalisasi database

Normalisasi Pertama

Sebuah table pada database dapat menjadi bentuk normalisasi pertama jika memenuhi syarat dibawah ini.

  1. Tidak adanya group yang berulang
  2. Harus mendefinisikan sebuah key pada sebuah kolom
  3. Semua kolom yang ada harus tergantung pada kolom primary key. Maksudnya begini, didalam table kan terdiri dari beberapa kolom, kolom-kolom yang bukan primary key harus bergantung pada kolom primary key.

Normalisasi Kedua

Sebuah table pada database dapat menjadi bentuk normalisasi kedua jika memenuhi syarat dibawah ini.

  1. Sudah memenuhi aturan-aturan dari normalisasi pertama
  2. Tidak boleh terdapat ketergantungan parsial, dimana kolom-kolom yang bukan primary key harus tergantung sepenuhnya pada kolom primary key.

Normalisasi Ketiga

Sebuah table pada database dapat menjadi bentuk normalisasi ketiga jika memenuhi syarat dibawah ini.

  1. Sudah memenuhi aturan-aturan dari normalisasi kedua
  2. Tidak boleh terdapat ketergantungan transitif, dimana kolom-kolom yang bukan primary key tidak boleh tergantung pada kolom yang bukan primary key.

Itulah proses normalisasi table pada database, sebetulnya masih banyak lagi gan bentuk normalisasi seperti normalisasi boyce code, normalisasi keempat, normalisasi kelima dan lainnya. Namun, sampai normalisasi ketigapun sudah cukup untuk meminimalkan sebuah kesalahan database (redudansi dan anomali).

Kesimpulan yang dapat kita tarik dari normalisasi database ini adalah proses normalisasi pada table sebuah database bertujuan untuk meminimalkan kesalahan seperti redudansi dan anomali dengan cara memperkecil ketergantungan terhadap kolom dalam sebuah table. Baik itu ketergantungan parsial ataupun ketergantungan transitif.

Bagi agan yang masih bingung dengan penjelasan ane diatas atau ingin memberikan masukan dapat didiskusikan melalui form komentar dibawah ini. Terimakasih. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah