pengertian database

Pengertian Database | Database atau basis data mungkin agan sering mendengar kata ini. Tapi agan sudah tahu belum pengertian dari database? jika belum agan dapat menyimak artikel ini. Database secara sederhana dapat disebut sebagai gudang data. Namun, secara teori database adalah kumpulan data atau informasi yang kompleks, dimana data-data tersebut disusun menjadi beberapa kelompok dengan tipe data yang sejenis atau biasa disebut tabel, selain itu dimana datanya dapat saling berhubungan satu sama lain atau dapat juga berdiri sendiri, sehingga mudah diakses.

Jika boleh ane gambarkan database itu seperti lemari arsip gan, dimana arsip yang ada didalam lemari tersebut mudah kita pergunakan lagi dan dapat kita cari dengan mudah karena biasanya diurutkan berdasarkan urutan nama arsipnya. Nah, databasepun bekerja hampir sama dengan lemari arsip, kita dapat mencari data yang ada didalamnya dan mempergunakan data tersebut sesuai kebutuhan kita. Bagaimana sampai sini kira-kira agan sudah paham belum? Jika belum paham, mari agan simak sebuah contoh database sederhana dibawah ini.

NIM Nama Alamat
M001 Haniif Fii Sabiilillah Jl. Nangka No. 10
M002 Yulia Safitrah Jl. Mawar No. 21
M003 Askur Mujahidin Jl. Raya Kembangan No. 32
M004 Mufiidah Istiqomah Jl. Mangga No. 60
M005 Silmi Qoyimah Jl. Tugu No. 70

Diatas itu sebuah table mahasiswa gan. Pada kenyataan dilapangan database terdapat lebih dari satu table. Ya, namanya juga contoh database sederhana ya gan. 😀 . Nah, didalam table terdapat record dan field. Apalagi itu gan ? 😀 . Record adalah baris didalam table database, sedangkan field adalah kolom didalam table database. Setiap record didalam table database mempresentasikan masing-masing data. Agan bisa lihat dari contoh table mahasiswa diatas terdapat data-data mahasiswa seperti Haniif Fii Sabiilillah, Yulia Safitrah, Askur Mujahidin, Mufiidah Istiqomah dan Silmi Qoyimah. Setiap kolom dalam table database mempresentasikan jenis data yang ada dalam masing-masing kolom tersebut, contohnya seperti kolom NIM yaitu mempresentasikan NIM dari mahasiswa, setiap data yang tersimpan pada kolom NIM memiliki jenis yang sama, yaitu menyimpan informasi NIM mahasiswa.

Baca juga: Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Bagaimana sekarang agan sudah tahukan pengertian database atau basis data? Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui form komentar dibawah ini gan. Terimakasih.

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah