pengertian hardware software dan brainwarePengertian Hardware, Software dan Brainware | Istilah hardware, software dan brainware bagi agan yang kuliah jurusan IT mungkin tidak asing lagi. Namun, bagi agan yang baru berkecimpung didunia IT seperti baru masuk jurusan kuliah IT, baru masuk Sekolah Menengah Kejuruan jurusan IT atau baru dan ingin menambah wawasan IT tentu masih asing dengan istilah tersebut. Oleh karena itu, ane ingin berbagi pengetahuan mengenai pengertian hardware, pengertian software, pengertian brainware dan keterkaitan antara hardware, software dan brainware.

Pengertian Hardware

pengertian hardwareHardware (Perangkat Keras) adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan disentuh. Kalau agan lihat dari luar perangkat keras merupakan kumpulan kotak yang saling terhubung dengan kabel-kabel elektrik. Namun, jika dilihat secara seksama didalam PC terdapat banyak komponen perangkat keras seperti motherboard, processor, RAM, hardisk, DVC/CD R/W dan lain sebagainya. Biasanya orang menyebut perangkat tersebut CPU (Central Processing Unit). Perangkat keras yang nampak dari luar monitor, keyboard, mouse, printer dan lain sebagainya.

Pengertian Software

pengertian softwareSoftware (Perangkat Lunak) adalah perangkat yang secara fisik tidak dapat dilihat oleh agan, karena siftatnya non-fisik yang berupa modul, perintah, prosedur, pengendali, pendukung dan aktifitas-aktifitas pengolahan perintah pada sistem komputer. Intinya begini gan, komputer dapat hidup karena menggunakan software. Secara garis besar software tebagi menjadi 2 bagian.

 

  1. Operating System (Sistem Operasi)
    Sistem Operasi atau biasa disebut OS saja, adalah perangkat lunak yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktifitas komputer. Aktifitas apa saja? seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya. Contoh OS adalah Linux, UNIX, Windows, Mac, dan lain sebagainya.
  2. Application Software (Software Aplikasi atau Program Aplikasi)
    Application Software (Software Aplikasi atau Program Aplikasi) adalah program yang memiliki aktifitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna. Contoh program aplikasi adalah MS. Word, MS. Excel, MS. Power Point dan lain sebagainya.

Pengertian Brainware

pengertian brainwareBrainware (Pengguna Komputer atau User) yaitu dimana hardware dan software digunakan secara bersama oleh pengguna komputer yang sering disebut dengan perangkat pengguna (brainware). Contoh brainware adalah netter (sebutan untuk orang yang surfing didunia internet), programmer dan orang yang sedang menggunakan komputer.

 

 

Keterkaitan Antara Hardwarare, Software dan Brainware

Keterkaitan antara hardware, software dan brainware adalah hardware tanpa software ibarat benda rongsokan. Maksudnya tidak berfungsi atau tidak bermanfaat untuk penggunanya. Begitupun sebaliknya software tidak akan berjalan dengan baik jika hardwarenya tidak mendukung. Nah, kalau tidak ada brainware siapa yang mengelola gan? pasti agan sudah tahu jawabannya. 😀

Baca juga: Manfaat Belajar Komputer

Itulah pengertian hardware, software dan brainware, serta keterkaitannya. Bagaimana sekarang agan sudah tahukan? Oleh karena itu jangan lupa untuk dishare ke yang lain ya gan. 😀 . Terimakasih.

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah