Pengertian Internet dan Intranet | Di zaman modern seperti sekarang ini, penggunaan internet menjadi suatu hal yang wajar di dalam rutinitas harian. Tetapi, sebenarnya apa itu internet? Pengertian internet secara umum adalah jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain yang tidak terbatas pada tempat dan waktu untuk dapat saling tukar menukar informasi, berkomunikasi dan berinteraksi antar pengguna komputer di seluruh dunia.

pengertian internet

Selain itu, pengertian internet yang berbeda-beda juga diutarakan oleh para ahli baik lokal maupun mancanegara. Menurut Supriyanto (2006), internet merupakan suatu hal yang menghubungkan berbagai jenis komputer dengan jaringan dunia menggunakan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda serta memanfaatkan kecanggihan perangkat komunikasi seperti satelit atau telepon dengan protokol TCP/IP untuk berkomunikasi. Sedangkan menurut O’Brien (2003), internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat karena berbagai kepentingan pendidikan, bisnis dan pemerintahan serta dapat menghubungkannya satu sama lain, di mana pengguna internet bisa melebihi 200 negara. Berbeda dengan pendapat Kayo, Mori, dan Takano (1996), menurut mereka, internet adalah jaringan komputer yang memiliki 3 keistimewaan yaitu penggunaan internet yang bebas, up to date yang artinya selalu bisa mengikuti perkembangan waktu dan yang terakhir adalah interaktif.

Mungkin istilah internet memang sudah diketahui secara luas, tetapi bagaimana dengan intranet? Secara garis besar, intranet adalah jaringan komputer yang memanfaatkan teknologi internet dalam suatu perusahaan atau lembaga tertentu. Menurut beberapa sumber, pengertian intranet adalah jaringan privat yang juga memanfaatkan protokol TCP/IP untuk saling berbagi informasi rahasia perusahaan, berkomunikasi antar petinggi perusahaan dan karyawan-karyawan, dan lain sebagainya. Selain untuk menjaga keamanan informasi rahasia perusahaan, intranet juga memiliki kelebihan lain seperti kecilnya biaya atas kebutuhan informasi, meningkatkan produktivitas perusahaan dan lain-lain.

pengertian intranet

Berdasarkan pengertian intranet tersebut, penggunaan intranet memang sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan dan lembaga. Dengan adanya intranet, perusahaan akan berjalan lebih efisien. Umumnya keefisienan ini terwujud dengan cara pendekatan sistem informasi manajemen yang berbasis Web & database (MIS) yang akan berkembang menjadi e-commerce (perdagangan melalui Internet). Selain itu, intranet juga akan membuat perusahaan semakin kompetitif  dalam hal persaingan, dengan syarat Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Pengetahuan dari perusahaan tersebut dikelola dengan baik dan maksimal.

Setelah mengetahui pengertian internet dan intranet yang telah dijelaskan di atas, terlihat beberapa perbedaan yang jelas antara keduanya. Internet memiliki sifat yang lebih terbuka dan umum sehingga siapa saja bisa mengakses informasia ataupun berkomunikasi tanpa dibatasi kalangan atau pihak tertentu. Internet juga tidak memiliki batas dan jangkauannya lebih luas sehingga orang di belahan dunia manapun bisa mengaksesnya dengan cepat. Berbeda dengan internet, intranet memiliki sifat yang lebih tertutup dan pribadi, maka hanya orang-orang yang termasuk anggota perusahaan yang bisa mengakses informasi. Selain itu, jangkauannya juga lebih sempit dan terbatas yaitu hanya mencakup area atau lokasi perusahaan dan lembaga tertentu saja.

Baca juga: Pengertian Komputer

Berdasarkan pengertian internet dan intranet, dapat disimpulkan bahwa kedua hal tersebut memang berbeda namun tetap saling berhubungan satu sama lain. Intranet memang lebih privat dibandingkan dengan internet, namun tetap menjadi bagian dari kecanggihan teknologi cyber saat ini. Keduanya memiliki manfaat yang sama besarnya dalam perkembangan masyarakat luas serta menjadi teknologi yang sangat berguna bagi banyak bidang kehidupan, baik pedagangan, pemerintahan, komunikasi, kesehatan maupun pendidikan di sekolah-sekolah.