Pengertian Komputer | Komputer dapat dikatakan bukan suatu benda yang sulit ditemui saat ini. Agan bisa menemukan komputer dikantor, ditoko, disekolah, dikampus, dirumah sakit dan hampir semua lini pekerjaan menggunakan komputer. Tapi ngomong-ngomong agan sudah tahu belum pengertian komputer itu sendiri? Jika belum, agan bisa menyimak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Komputer Secara Umum

pengertian komputer secara umum, menurut wikipedia dan menurut para ahliSecara umum komputer memiliki pengertian, alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

Komponen atau perangkat yang dimaksud dalam pengertian diatas adalah alat input (keyboard, mouse, scanner), alat proses (CPU) dan alat output (monitor, printer).

Pengertian Komputer Menurut Wikipedia

Menurut sumber yang saya baca, yaitu wikipedia. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata Komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Donald H. Sanderes

Menurut Donald H. Sanderes, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Larry Long dan Nancy Long

Menurut Larry Long dan Nancy Long, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.

Elias M. Awad

Merunut Elias M. Awad, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

William M. Fuori

Menurut William M. Fuori, komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Williams, Sawyer

Menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

Itulah pengertian komputer secara umum, menurut wikipedia dan menurut para ahli. Sekarang agan sudah tahukan pengertian komputer? Jika berkenan dan bermanfaat artikel ini ane minta tolong untuk dishare ke yang lain ya gan. :D. Terimakasih.

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah