pengertian sqlPengertian SQL | SQL merupakan kependekan dari Structured Query Language. Jika kita lihat dari kepanjangan SQL dapat diartikan sebagai bahasa permintaan atau perintah yang terstruktur. Bahasa permintaan atau perintah yang dimaksud disini adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sebuah database, sedangkan yang dimaksud terstruktur disini adalah sql memiliki beberapa aturan yang telah distandarkan oleh asosiasi bernama ANSI. Silahkan agan simpulkan sendiri pengertiannya. 😀

SQL merupakan bahasa yang populer saat ini, karena sql dapat dikatakan relatif mudah untuk dimengerti oleh penggunannya, sekalipun penggunanya itu awam. SQL pertama kali dikembangkan oleh sekelompok orang IBM, berdasarkan teori Entity Relationship dari Dr. Codd. Sebelumnya SQL bernama SEQUEL, namun karena ada permasalahan dengan nama tersebut maka digantilah namanya menjadi SQL. SQL dapat dikategorikan menjadi 3 bagian, berikut penjelasannya gan.

DDL (Data Definition Language)

DDL (Data Definition Language) adalah bahasa SQL yang digunakan untuk membuat, mengubah dan menghapus schema yang ada dalam database. DDL hanya berkaitan dengan schema database saja tidak dengan data yang ada didalam database tersebut. Berikut ini adalah perintah-perintah yang termasuk didalam DDL.

  1. Create
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk membuat database baru, table baru, view baru dan kolom baru.
  2. Alter
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk mengubah struktur table, seperti mengganti nama table, mengubah kolom, menghapus kolom ataupun memberikan atribut pada kolom.
  3. Drop
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk menghapus table dan database.

DML (Data Manipulation Language)

DML (Data Manipulation Language) adalah bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data seperti menambah, memperbaharui, menghapus dan menampilkan data pada table dalam database. Berikut ini adalah perintah-perintah yang termasuk DML.

  1. Insert
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk memasukan data baru kedalam table.
  2. Update
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk memperbaharui data lama menjadi data terbaru pada table.
  3. Delete
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk menghapus data pada table.
  4. Select
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk menampilkan data atau mengambil data yang ada pada table.

DCL (Data Control Language)

DCL (Data Control Language) adalah bahasa SQL yang digunakan untuk mengatur user database seperti memberi izin akses kepada user dan mencabut izin akses dari user. Berikut ini adalah perintah-perintah yang termasuk DCL.

  1. Grand
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk memberi izin akses kepada user oleh administrator.
  2. Revoke
    Fungsi dari perintah ini adalah untuk mencabut hak akses dari user oleh administrator.

Itulah beberapa kategori SQL serta perintah-perintah yang ada didalamnya. Oleh karena itu ane akhiri pula postingan pengertian SQL ini. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah