Pengguna Database | Siapa saja user atau pengguna database menurut agan? Ya, betul gan orang yang menggunakan database. 😀 . Namun pada kenyataannya dilapangan tidak semua orang mempunyai akses ke database. Kenapa? karena database menyimpan data penting dari suatu organisasi atau perusahaan. Nah, kalau data ini diakses oleh orang yang tidak mempunyai otorisasi bisa berabe urusannya gan. Oleh karena itulah pengguna database dapat dikategorikan berdasarkan fungsi tugasnya. Berikut penjelasannya gan.

Pengguna Database

pengguna database

  1. Database Administrator
    Tugas dari administrator adalah installasi database, upgrade database, membuat objek utama (tables, views, indexes), backup database, restore database, mengontrol akses pengguna ke database, memonitor database, mendaftarkan pengguna, memelihara sistem keamanan, memelihara pemasukan data ke tape, menyediakan sistem penyimpanan database serta merencanakan kebutuhan penyimpanan untuk kedepannya, modifikasi struktur database, menghubungi database teknikal support dan lainnya.
  2. Security Officers
    Tugas dari security officers adalah mendaftarkan pengguna database, mengontrol akses pengguna, monitoring akses pengguna dan memelihara sistem keamanan data.
  3. Application Developer
    Tugas dari application developer adalah mendesain struktur database untuk aplikasi, mendesain dan membuat aplikasi database, estimasi kebutuhan penyimpanan data untuk aplikasi, memperbaiki aplikasi selama masa pengembangan dan lainnya.
  4. Application Administrator
    Tugas dari application administrator adalah melakukan tugas administrasi pada aplikasi.
  5. Database Users
    Tugas dari database users adalah menambah data, mengedit data, menghapus data serta membuat laporan.
  6. Network Administrators
    Tugas dari network administrator adalah menghubungkan pengguna dengan database.

Itulah beberapa pengguna database berdasarkan fungsi tugasnya. Bagaimana sekarang agan sudah tahukan? Kesimpulannya dengan adanya fungsi tugas dari masing-masing pengguna database sehingga kerjaan tidak tumpang tindih dan ketika terjadi masalah dapat langsung menanyakan kepada bagian yang bersangkutan. Oh ya, bagi agan yang membutuhkan informasi software database dapat membaca artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah