permasalahan databasePermasalahan Database dan Solusinya | Permasalahan, mungkin agan berpikir hanya orang saja yang memiliki permasalahan. Ternyata database pun dapat memiliki permasalahan gan. 😀 . Biasanya permasalahan didatabase tersebab oleh kesalahan dalam mendesain. Memang tak mudah dalam mendesain suatu database, kita harus mempertimbangkan segala kemungkinanan yang terjadi. Nah, jika sudah salah mendesain suatu database tentu hal ini akan menyebabkan masalah dikemudian hari.

Berbicara permasalahan tentu ada solusinya. Ada gembok pasti ada kuncinya. Betul atau salah gan. 😀 . Sebetulnya permasalahan-permasalahan apa sajakah yang mungkin terjadi pada saat mendesain sebuah database dan bagaimana solusinya? berikut penjelasannya gan.

Redudansi

Redudansi adalah sebuah data yang diulang beberapa kali atau duplikat data. Didalam database tentu tidak baik jika terdapat data yang diulang beberapa kali, Selain data semakin banyak tentu hal ini akan membuat user yang menggunakannya menjadi bingung. Untuk memperjelas permasalahan database yang satu ini agan bisa memperhatikan contoh dibawah ini.

NIK Nama_Karyawan Alamat Kode_Perusahaan Nama_Perusahaan
NIK001 Haniif Fii Sabiilillah Jl. Nangka No. 10 KP001 PT. Maju Terus
KP003 PT. Pantang Mundur
NIK002 Yulia Safitrah Jl. Mawar No. 21 KP002 PT. Angin Ribut
NIK003 Mufiidah Istiqomah Jl. Raya Kembangan No. 32 KP002 PT. Angin Ribut
NIK004 Askur Mujahidin Jl. Mangga No. 60 KP003 PT. Pantang Mundur
NIK005 Silmi Qoyimah Jl. Tugu No. 70 KP004 PT. Semangat Selalu
KP001 PT. Maju Teros

Dari table diatas agan bisa melihat data yang diulang beberapa kali bukan?. Solusi atas permasalahan database ini bisa diatasi dengan cara mendesain database yang benar.

Anomali

Anomali adalah kesalahan-kesalahan dalam memanipulasi sebuah data pada table database. Contoh dari anomali adalah insert anomali, update anomali dan delete anomali.

Insert anomali adalah kesalahan didalam memasukan sebuah data pada table database. Agan bisa melihat dari table diatas tepatnya pada kolom Nama_Perusahaan yang tulisannya bewarna merah. Pada Nama_Perusahaan yang bewarna merah pertama “PT. Maju Terus” dan yang kedua “PT. Maju Teros”. Disini terjadi kesalahan didalam menginput sebuah data, kalau bahasa gaholnya typo. 😀

Update anomali adalah kesalahan didalam memperbaharui sebuah data pada table database. Anggap suatu saat terjadi pembaharuan data misal Nama_Perusahaan “PT. Pantang Mundur” berubah namanya menjadi “PT. Pantang Menyerah”. Apakah kita harus memperbaharui semua data karyawan yang bekerja pada perusahaan “PT. Pantang Mundur” menjadi “PT. Pantang Menyerah”? Jika datanya masih berjumlah 10 tentu tidak melelahkan. Namun jika datanya sudah mencapai ribuan sungguh pekerjaan yang melelahkan gan. 😀

Delete anomali adalah kesalahan didalam menghapus sebuah data pada table database. Apabila terdapat kesalahan seperti ini tentu efeknya sangat fatal.

Baca juga: Pengguna Database

Bagaimana sekarang agan sudah tahukan permasalahan yang mungkin terjadi pada saat kita mendesain sebuah database dan solusinya. Oh ya gan, untuk cara mendesain sebuah database yang baik akan ane bahas pada postingan selanjutnya. Oleh karena itu ane akhiri postingan kali ini gan. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah