Software Database | Dalam database atau basis data, database dapat dikelola menggunakan program aplikasi atau software database seperti MySQL, Oracle, Microsoft Access, PostgreSQL, SQL Server, IBM DB2 dan sebagainya. Aplikasi yang dapat membuat dan mengelola database sering disebut SMBD (Sistem Manajemen Basis Data) atau DBMS (Data Base Manajemen System).

Macam-Macam Software Database

software database

Saat ini dapat dikatakan cukup banyak software database yang dapat agan gunakan untuk membuat dan mengelola database. Namun, ane belum dapat menjelaskan semuanya dipostingan kali ini. Ok gan berikut penjelasannya.

  1. Microsoft Access
    Microsoft Access merupakan database produk microsoft. Database ini bersifat standalone, maksudnya hanya berjalan pada komputer itu sendiri dan diakses oleh satu orang. Database ini juga dapat diakses oleh beberapa orang namun sifatnya bukan client server, melainkan sifatnya disharing. Versi Microsoft Access terakhir semenjak postingan ini dibuat adalah Microsoft Access 2013. Biasanya database ini digunakan oleh organisasi atau perusahaan kecil.
  2. MySQL
    MySQL merupakan database server yang awalnya hanya berjalan di sistem operasi UNIX dan Linux. Namun, seiring berjalannya waktu kini MySQL dapat berjalan hampir disemua platform salah satunya adalah sistem operasi windows. Lisensi dari database server ini freeware alias gratis gan. Walaupun nantinya agan menjual aplikasi dengan menyertakan software MySQL ini agan tidak melanggar hak cipta. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan database ini sangat populer. Versi terakhir MySQL sejak postingan ini dibuat adalah versi 5.6.22. MySQL banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan menengah ke bawah. Untuk mendownload software MySQL agan dapat langsung berkunjung ke situs resminya www.mysql.com.
  3. SQL Server
    SQL Server dari namanya aja agan sudah bisa menebak sifat dari database ini ? betul, database server. SQL Server merupakan database produk microsoft. Lisensi dari database ini ada 2, yaitu gratis dan berbayar. Versi gratis dari database ini adalah SQL Server Express Edition sedangkan versi berbayarnya adalah SQL Enterprise Edition. Jika agan ingin mengetahui untuk mengetahui versi release SQL Server, ditandai dengan tahun releasenya contohnya SQL Server 7.0, SQL Server 2000, SQL Server 2005, SQL Server 2008, SQL Server 2012 dan seterusnya. SQL Server banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan menengah ke atas. Maka tak heran jika sallary DBA untuk database ini cukup besar. 😀 . Jika agan ingin memiliki software database versi enterprise agan bisa membeli di tempat jual software seperti bhineka atau tempat lainnya. Namun jika agan ingin memiliki software database versi express edition, agan dapat mendownload disitus resminya www.microsoft.com.
  4. PostgreSQL
    PostgreSQL merupakan database server yang berlisensi GPL (General Public License). Umumnya database ini digunakan oleh pengguna linux. Nah, buat agan yang ingin membuat dan mengelola database menggunakan PostgreSQL dapat mendownload disitus resminya www.postgresql.org.

Itulah beberapa software database yang nantinya dapat agan gunakan untuk membuat dan mengelola database. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah