Struktur While dalam PHP | While merupakan salah satu struktur kontrol pengulangan (iteration). Dengan struktur kontrol ini memungkinkan seurutan perintah untuk dieksekusi berulang-ulang. Jumlah pengulangan ditentukan oleh suatu ekspresi, maksudnya perintah-perintah didalam blok while akan dieksekusi selama nilai dari ekspresi tersebut bernilai benar (TRUE) dan sebaliknya jika nilai dari ekspresi bernilai salah (FALSE), maka perintah yang berada didalam blok while akan berhenti dieksekusi.

Berikut ini adalah penulisan while dalam PHP :

while (ekspresi) {
      statement
}

Atau

while (ekspresi) :
      statement
endwhile;

Agar agan lebih memahami while dalam PHP simak contoh script PHP dibawah ini:


<?php
  
  $a = 1;
  while ($a < 10) {
    echo "Nilai \$a: " . $a . "<br />";
	$a++;
  }
  
?>

 

Atau


<?php
  
  $a = 1;
  while ($a < 10) :
    echo "Nilai \$a: " . $a . "<br />";
	$a++;
  endwhile;
  
?>

 

Output dari script PHP diatas seperti gambar dibawah ini:

struktur while dalam php

Jika kita lihat dari script PHP diatas didalam blok While tersebut terdapat variabel $a yang akan ditambahkan nilai 1 sampai ekspresi bernilai salah (FALSE) dengan kata lain sampai nilai dari variabel $a = 10. Perlu diketahui bahwa didalam blok while harus terdapat proses perubahan nilai agar ekspresi yang diperiksa oleh While bernilai salah (FALSE). Jika tidak ada proses perubahan nilai pada ekspresi maka akan terjadi pengulangan yang tiada henti (loop forever). Hal ini dapat menjadikan komputer tidak dapat dikendalikan. Oleh karena itu berhati-hatilan didalam menggunakan struktur kontrol pengulangan (iteration) yang satu ini.

Itulah struktur while dalam PHP yang dapat ane sampaikan. Baca juga tutorial belajar PHP sebelumnya struktur switch dalam PHP. Semoga bermanfaat. :)

Salam,

Haniif Fii Sabiilillah